Sederet Manfaat Kesehatan yang Bisa Kamu Peroleh dari Konsumsi Ikan Secara Rutin

Jumat, 19 April 2019 00:21 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Sederet Manfaat Kesehatan yang Bisa Kamu Peroleh dari Konsumsi Ikan Secara Rutin Ilustrasi ikan. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/ElenaGaak

Merdeka.com - Ikan merupakan salah satu bahan makanan dengan kelezatan dan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh. Seluruh bagian dari ikan mulai kulit, daging hingga minyak memiliki sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh.

Terdapat berbagai manfaat yang bisa kamu peroleh dengan konsumsi ikan secara rutin ini. Dilansir dari Bolsdky, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh dari konsumsi ikan.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Asam lemak omega 3 yang ada di dalam ikan mampu membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi pembekuan darah, serta menyehatkan jantung. Sejumlah manfaat yang kamu peroleh tersebut bisa membuat kamu terhindar dari penyakit kardiovaskular.

Melawan Kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu masalah yang dapat dicegah dengan konsumsi ikan. Kandungan yang terdapat dalam ikan mampu mengurangi risiko berbagai jenis kanker seperti kanker ovarium, kanker payudara, kanker mulut, kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker kerongkongan.

Meningkatkan Fungsi Otak

Mengonsumsi ikan sebanyak dua kali seminggu bisa bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Hal ini bisa terjadi karena kandungan asam lemak omega 3 di dalam ikan.

Kaya Nutrisi

Konsumsi kepala ikan bisa menyimpan manfaat karena sejumlah nutrisi yang dimilikinya. Ikan bisa memenuhi kebutuhan tiroid dan yodium di dalam tubuh. Selain itu, kandungan gelatin di dalamnya juga baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Menyembuhkan Depresi

Selain kesehatan fisik, konsumsi ikan juga bisa membantu menjaga kesehatan mental. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rajin mengonsumsi ikan, memiliki risiko yang rendah untuk terserang depresi.

Sejumlah manfaat luar biasa tersebut bisa kamu peroleh dengan konsumsi ikan secara rutin. Buat ikan jadi menu wajib di meja makanmu agar bisa merasa sejumlah manfaat menyehatkan ini. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini