Sayur dan Buah yang Tercemar Pestisida Bisa Sebabkan Kanker Hati

Selasa, 23 Mei 2017 15:35 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Sayur dan Buah yang Tercemar Pestisida Bisa Sebabkan Kanker Hati Bahaya pestisida. Hello Sehat

Merdeka.com - Ketika memilih dan membeli buah dan sayur, terdapat beberapa hal yang bisa kita pertimbangkan sebelum membelinya. Salah satu hal yang cukup penting dipertimbangkan adalah apakah buah dan sayur tersebut sudah tercemar pestisida.

Keberadaan pestisida di dalam tubuh ini bisa sangat berbahaya pada organ hati (liver). Pasalnya, sering mengonsumsi makanan yang tinggi kadar pestisidanya berisiko tinggi sebabkan kanker dan penyakit hati. Dilansir dari Hello Sehat (hellosehat.com), berikut sejumlah bahaya mengonsumsi makanan mengandung pestisida.

bahaya pestisida

Bahaya pestisida bagi hati

Menurut badan Kesehatan Dunia (WHO), pestisida yang digunakan untuk mengusir hama dan penyakit tumbuhan bisa membahayakan kesehatan manusia. Apalagi jika dikonsumsi dalam jangka panjang dengan kadar yang cukup tinggi. Meskipun efeknya tak terasa sekarang, dalam kurun waktu bertahun-tahun, organ hati Anda mungkin saja mengalami kerusakan.

Kanker hati

Sebuah penelitian yang dipaparkan oleh American Association of Cancer Research baru-baru ini menguak hasil yang cukup mengejutkan. Menurut para ahli, terpapar pestisida dalam jangka panjang meningkatkan risiko Anda kenakanker hatisebanyak 71 persen.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Asia, Eropa, dan Amerika Serikat ini, pestisida bisa menyebabkan mutasi DNA dan akhirnyamenciptakan sel kanker dalam tubuhAnda. Memang para ahli menyatakan bahwa harus ada penelitian lebih lanjut untuk menentukan pestisida jenis apa tepatnya yang paling besar risikonya sebabkan kanker hati. Namun, hasil temuan ini tentu jadi peringatan keras bagi konsumen sekaligus produsen pangan untuk lebih berhati-hati.

Penyakit hati

Selain menyebabkan kanker, bahaya pestisida bagi organ hati Anda juga mencakup penyakit hati, misalnyahepatitis. Hati berfungsi untuk membersihkan darah dan membuang racun-racun yang masuk dalam tubuh. Misalnya racun dari pestisida atau polusi. Namun, jika di dalam hati racunnya sudah terlalu banyak, akan terjadi kerusakan atau infeksi serius. Organ vital ini pun akan makin kesulitan bekerja membuang racun.

Gejalapenyakit hatiyang harus Anda perhatikan antara lain muntah, demam, kulit jadi kuning, dan sakit perut. Jika tidak ditangani dengan benar, Anda berisiko tinggi mengalami gagal hati kronis. Pengobatannya antara lain dengan transplantasi organ hati.

bahaya pestisida

Cara menghindari bahan pangan yang tinggi pestisida

Di zaman industri besar ini, memang sulit sekali untuk memastikan asal dan cara memproses bahan pangan yang Anda beli di pasar atau supermarket. Namun, sudah banyak produsen bahan pangan organik yang akan mencantumkan keterangan tersebut pada label. Organik di sini berarti bahan pangan Anda ditanam dan dipanen secara alami, tanpa pestisida maupun pupuk sintetis.

Sedangkan bahan pangan hewani yang organik seperti daging dan telur berarti hewan ternak tersebut hanya diberi pakan organik dan tidak disuntik dengan antibiotik atau bahan kimia apapun.

Kalau sayur, buah, kentang, dan jagung yang biasa Anda beli tidak ada kemasan atau labelnya, selalu cuci bersih dengan air yang mengalir sebelum dimasak atau dihidangkan. Anda sebenarnya tak perlu mengupas kulit buah untuk mengurangi bahaya pestisida. Pasalnya, cara ini dinilai kurang ampuh karena bahan-bahan kimianya pasti sudah terserap ke daging buah. Anda justru akan kehilangan manfaat sehat dari mengonsumsi kulit buah dan sayur.

Tentang Hello Sehat Indonesia

Didirikan pada April 2016, Website Hello Sehat membahas lebih dari 15.000 topik seputar gaya hidup sehat, kehamilan, kesehatan keluarga, termasuk juga kamus penyakit dan obat yang semua kontennya telah diverifikasi oleh dokter dan ahli kesehatan profesional. Sebagai bagian dari Hello Health Group, kami bertujuanuntuk menjadi penyedia informasi kesehatan nomor satu di Indonesia, yang memungkinkan semua orang mendapat akses kewarta kesehatan yang terpercaya,sekaligus menginspirasi masyarakat untuk hidup lebih sehat dan bahagia. [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini