Ketahu Kondisi Kesehatan di Tubuhmu Melalui Berbagai Kondisi Kuku Berikut

Senin, 17 Januari 2022 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ketahu Kondisi Kesehatan di Tubuhmu Melalui Berbagai Kondisi Kuku Berikut Ilustrasi kuku. ©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/Sergey Nivens

Merdeka.com - Kondisi kesehatan yang dimiliki seseorang bisa tercermin pada berbagai hal. Kondisi ini bisa tampak pada wajah, mata, rambut, atau bagian tubuh lain.

Kondisi kesehatan ini ternyata juga bisa tercermin dari ujung tubuh kita yaitu pada kuku. Kesehatan bisa tercermin dari bentuk dan warna yang dimiliki oleh kuku.

Kuku merupakan salah satu bagian dari tubuh yang bisa dijaga keindahannya. Keindahan kuku ini bisa digunakan sebagai cara untuk meningkatkan daya tarik.

Selain untuk keindahan, kuku ternyata juga bisa digunakan untuk melihat kondisi kesehatan seseorang. Pada warna atau bentuk tertentu, kuku bisa menunjukkan penyakit apa yang dimiliki oleh seseorang. Dilansir dari Medical Daily, berikut hal yang bisa kita ketahui dari kondisi kuku seseorang.

1. Kuku Berwarna Pucat

Warna pink yang ada pada tubuh kita biasanya mengartikan bahwa tubuh tengah sehat, hal yang sama juga terjadi pada kuku. Walau begitu, ketika kuku berwarna pucat, maka hal ini berarti adanya masalah malnutrisi, anemia, masalah hati, atau bahkan gagal jantung.

2. Kuku Berwarna Putih

Warna putih yang ditunjukkan oleh kuku bisa jadi pertanda adanya masalah kesehatan yang kamu alami. Kondisi yang bisa terjadi dari masalah ini adalah anemia, gagal jantung, serta masalah hati seperti hepatitis.

2 dari 3 halaman

Kondisi Membiru dan Kekuningan

3. Kuku Membiru

Kuku yang memiliki sedikit warna biru menandakan bahwa tubuhmu tengah kekurangan oksigen. Masalah lain yang dapat muncul dari masalah ini adalah adanya masalah di paru-paru serta jantung.

4. Kuku Berwarna Kuning

Warna kuning yang muncul pada kuku bisa jadi pertanda adanya infeksi jamur pada dirimu. Ketika kondisi memburuk, bentuk kuku biasanya agak mengangkat dan sedikit pecah. Masalah kesehatan lain yang muncul bisa berupa masalah paru-paru, diabetes, atau penyakit tiroid.

3 dari 3 halaman

Kondisi Tak Rata dan Munculnya Garis Hitam

rata dan munculnya garis hitam

5. Kuku Tak Rata

Ketika kuku tak menunjukkan warna yang aneh namun permukaannya bergelombang, maka hal ini juga berarti terjadinya masalah kesehatan padamu. dalam kondisi ini, kamu mengalami radang sendi atau psoriasis.

6. Garis Hitam di Kuku

Munculnya garis hitam di kuku merupakan masalah kuku yang tak biasa terjadi. Munculnya kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa kamu mengalami melanoma, salah satu jenis kanker kulit.

Secara umum, kondisi ini bisa menggambarkan terjadinya pernyakit pada tubuh. Walau begitu, untuk diagnosis lebih tepat, sangat disarankan untuk ke dokter dan mengonsultasikan kondisi yang tengah dialami. [RWP]

Baca juga:
Sulit Berkeringat ketika Berolahraga, Kenali Kondisi Anhidrosis yang Jadi Penyebabnya
Kenali Penyebab Alergi pada Anak dan Bisakah Diatasi Pola Makan Plant Based?
Mengapa Gigi Bungsu Baru Tumbuh di Usia Remaja dan Dewasa?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini