Kesepian bisa bikin orang cepat mati!

Rabu, 25 Maret 2015 13:28 Reporter : Destriyana
Kesepian bisa bikin orang cepat mati! Ilustrasi kesepian. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa sendirian atau merasa kesepian dapat meningkatkan risiko kematian dini hingga 30 persen.

Dr. Julianne Holt-Lunstad dari Brigham Young University mengatakan kepada CNN, "Data menunjukkan bahwa seseorang akan memiliki umur panjang jika punya hubungan yang baik."

Namun dalam analisisnya, Dr. Julianne juga meninjau tentang fakta bahwa ada orang yang tetap merasa kesepian meski telah dikelilingi oleh banyak orang.

Faktor lain yang diperhitungkan oleh peneliti adalah usia dan penyakit. Usia rata-rata peserta adalah 66, yang menunjukkan perlunya penelitian lanjut pada kelompok usia lebih muda.

Temuan ini telah diterbitkan dalam edisi Maret Perspectives in Psychological Science. Meskipun analisis ini merujuk pada penyelidikan lebih lanjut, penelitian ini telah memperkuat fakta tentang manfaat dari persahabatan dan hubungan antar manusia.

Kesimpulannya, memiliki teman dan hubungan sosial yang kuat akan membantu Anda hidup lebih lama dan hidup lebih baik. Orang di seluruh dunia bahkan berusaha menghindari rasa kesepian dengan beberapa cara unik, seperti di Hong Kong, Tokyo, dan Finlandia, Anda dapat menghindari makan sendirian di kafe, dengan memiliki sahabat boneka binatang. [des]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini