Dari Sakit Tenggorokan hingga Kanker, Ini 6 Khasiat Cincau untuk Kesehatan

Jumat, 20 Mei 2022 07:00 Reporter : magang1
Dari Sakit Tenggorokan hingga Kanker, Ini 6 Khasiat Cincau untuk Kesehatan Ilustrasi cincau hijau. ©Tantri Setyorini

Merdeka.com - Di Indonesia, cincau sering menjadi pelengkap minuman yang sangat menyegarkan ketika panas terik. Teksturnya yang kenyal seperti agar-agar ini disukai semua orang dari berbagai kalangan.

Cincau memang salah satu minuman tradisional yang populer di Indonesia. Sering disajikan dengan air gula merah, santan, dan es menjadikannya salah satu minuman favorit masyarakat.

Baik cincau hijau atau pun cincau hitam, keduanya sudah sama-sama populernya. Dua jenis cincau dua jenis pula asalnya. Cincau hijau berasal dari tanaman Mesona procumbens atau daun janggelan. Sementara cincau hitam berasal dari tanaman Mesona palustris BL.

Selain menyegarkan, cincau memang dikenal bermanfaat untuk kesehatan mulai dari pereda sakit tenggorokan hingga bisa mencegah kanker. Apa saja manfaat cincau bagi tubuh? Simak pembahasannya berikut ini!

2 dari 4 halaman

Mengatasi Sakit Tenggorokan

Berkat kandungan fosfor, kalsium, karbohidrat serta vitamin A, B1 dan C, cincau bisa meredakan sakit tenggorokan yang sangat mengganggu aktivitas keseharian. Sehingga mengonsumsi cincau dapat menjadi home remedy sakit tenggorokan yang nikmat!

Mengobati Gangguan Pencernaan

Cincau sangat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dalam menjalankan fungsinya. Kandungannya yang tinggi serat, vitamin B, vitamin C mampu mengatasi penyebab gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit.

Selain itu, cincau juga mengandung aktioksidan tinggi serta senyawa gulanya yang sangat bermanfaat untuk mengatasi nyeri lambung. Dengan pencernaan yang sehat, maka cincau juga membantu menjaga berat badan yang ideal dan sehat.

3 dari 4 halaman

Menjaga Kadar Gula dalam Darah

Terbuat dari perasan air daun, cincau memiliki kandungan klorofil yang tinggi. Bertemu dengan senyawa bisbenzilsokuinolin, cincau dapat menstabilkan kadar gula yang ada dalam darah.

Hal ini kemudian tentu dapat mencegah atau memperparah penyakit diabetes yang diakibatkan oleh tingginya kadar insulin dalam darah. Tentu hal ini dibarengi pula dengan pola hidup sehat.

Menjaga Kesehatan Peredaran Darah

Klorofil pada cincau sebenarnya berfungsi banyak bagi kesehatan darah. Klorofil menjadi antibiotik alami yang melawan virus dan bakteri yang bisa masuk ke dalam darah. Dengan begitu, peredaran darah dapat membawa nutrisi baik tanpa ditumpangi oleh zat asing.

Selain itu, cincau juga dapat atasi masalah tensi darah. Kandungan serat tinggi pada cincau membantu mengeluarkan garam dan lemak pada tubuh yang merupakan penyebab darah tinggi.

Disertai dengan senyawa S-S tetandrin, cincau juga berkhasiat membantu melebarkan pembuluh darah agar peredarannya dapat kembali lancar.

4 dari 4 halaman

Mengobati Demam

Cincau memiliki segudang kandungan antitoxin alami yaitu lemak, fosfor, polifenol, cardioplegicum, saponin, tentradin, alkaloid, vitamin A dan vitamin B. Kandungan ini dapat menurunkan demam yang dialami secara alami dan mudah.

Mencegah Kanker

Khasiat cincau ternyata juga dapat mencegah penyakit kanker, berkat kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang masuk dan menyerang sel-sel tubuh—yang mana dapat menyebabkan terjadinya kanker. Dengan mengonsumsi makanan tinggi antioksidan, kemungkinan berkembangnya sel-sel menjadi sel kanker dapat diminimalisir.

Itulah 6 manfaat cincau bagi kesehatan tubuh. Tentu khasiat cincau akan dapat Anda nikmati dibarengi dengan cara konsumsi yang baik juga.

Anda bisa mengurangi konsumsi es cincau yang terlalu banyak gula atau santan, agar konsumsi cincau justru tidak menjadi penyebab sakit. 

 

Baca juga:
Cara Membuat Cincau Hijau Beserta Resep Minumannya yang Mudah Dicoba
Resep Es Cincau Hitam yang Enak dan Segar, Cocok Diminum saat Cuaca Panas
Mengenal Daun Cincau Hijau: Jenis-Jenis, Manfaat, dan Cara Mengolahnya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini