Cegah Terjadinya Masalah Rambut Rontok dengan Memotongnya

Senin, 30 Agustus 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Cegah Terjadinya Masalah Rambut Rontok dengan Memotongnya ilustrasi rambut rontok. ©2019 Shutterstock

Merdeka.com - Rambut rontok merupakan sebuah permasalahan yang sangat mengganggu. Kondisi ini bisa dialami baik oleh pria maupun wanita.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari Universitas Indonesia, dr. Susie Rendra, Sp.KK, FINSDV menyarankan Anda memotong rambut bila mengalami kerontokan rambut termasuk di masa pandemi COVID-19 saat ini.

"Enggak usah banyak mikir harus pakai tonik ini, minum obat ini. Pertama gunting rambut dulu lebih pendek," ujar dia dalam media discussion bertema "Jaga Kulit Tetap Sehat Selama Pandemi", beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Susie yang berpraktik di RS Pondok Indah-Puri Indah itu mengatakan, rambut yang lebih panjang menyebabkan tarikan di akar rambut lebih berat. Dia mencontohkan, antara helaian rambut dengan panjang 20 cm dan 10 cm misalnya, tarikan pada akar rambut 20 cm akan dua kali lipat lebih berat ketimbang helaian 10 cm.

Hal ini juga berlaku saat Anda mencuci rambut atau keramas. Helaian rambut yang lebih panjang akan lebih berat ketimbang rambut pendek.

"Sedangkan pada waktu kita keramas, rambut itu menarik air sifatnya, makanya efek kapiler rambut itu yang membuat kalau rambutnya panjang jadi lebih berat sehingga tarikan di akar rambut juga lebih berat," tutur Susie.

2 dari 2 halaman

Hindari Terlalu Sering Menyisir dan Penggunaan Aksesoris

Tips lain yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rambut rontok yakni dengan menghindari menyisir terlalu sering. Kegiatan ini bisa menarik akar rambut sehingga menjadi lebih mudah lepas.

Selain itu, khusus untuk wanita, sebaiknya hindari penggunaan aksesoris rambut salah satunya ikat rambut.

"Misalnya rambut kalau dikuncir akan menarik itu akan meningkatkan risiko untuk kerontokan rambut," kata Susie.

Susie mengatakan, rambut rontok termasuk masalah yang bisa dialami orang-orang di masa pandemi COVID-19 ini. Kondisi yang bisa terjadi akibat COVID-19 itu tidak hanya terjadi akibat stres tetapi juga akibat suatu penyakit berat yang dialami termasuk pasien yang sembuh dari COVID-19.

Pada kondisi rambut rontok yang terjadi terus-menerus, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Menanganinya secara tepat bisa sangat mengganggu dalam munculnya masalah ini secara lebih parah. [RWP]

Baca juga:
Cegah Mengompol setelah Melahirkan, Ini Latihan yang Bisa Dilakukan
Jangan Sembarangan Mengurut Nyeri dan Bengkak di Anak
Overthinking Bisa Mengganggu Kehidupan, Ketahui 4 Cara untuk Mengatasinya
Kenali Beda dari Beser dan Mengompol yang Rentan Dialami oleh Lansia
Air Kelapa Miliki Manfaat yang Dibutuhkan Tubuh untuk Hadapi Pandemi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini