Bisa Jadi Terkena Infeksi Jamur, Ketahui Penyebab Mulut Gatal

Senin, 23 Mei 2022 20:00 Reporter : Magang
Bisa Jadi Terkena Infeksi Jamur, Ketahui Penyebab Mulut Gatal Ilustrasi mulut. Shutterstock/Robert Kneschke

Merdeka.com - Sehingga makanan atau minuman apapun yang akan dikonsumsi, pasti melewati mulut terlebih dahulu dalam proses pencernaan.

Penyebab yang membuat mulut bermasalah biasanya karena pemilik tubuh kurang menjaga kesehatan mulut dengan tidak rajin gosok gigi, dan dari makanan yang dikonsumsi. Masalah ini dapat menyebabkan mulut menjadi gatal. Rasa gatal yang tiba-tiba ini tentunya membuat seseorang menjadi tidak nyaman.

Biasanya, mulut yang gatal merupakan gejala umum dari infeksi virus atau jamur. Tingkat gatal dalam mulut dapat berkisar dari ringan hingga parah tergantung penyebabnya. Biasanya rasa gatal ini diakibatkan karena alergi pada makanan tertentu.

Gejala atau ciri-ciri mulut gatal antara lain sensasi aneh, gatal, kesemutan di dalam mulut yang melibatkan bibir, lidah, tenggorokan, dan langit-langit mulut, pembengkakan pada bibir, lidah, dan tenggorokan, saluran telinga gatal dan rasa yang tidak biasa di mulut. Hal ini merupakan salah satu cara tubuh untuk memberitahu bahwa pemilik tubuh telah mengonsumsi sesuatu yang berbahaya.

Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah penyebab dari mulut gatal:

2 dari 3 halaman

Racun dan Alergi

1. Anafilaksis (Anaphylaxis)

ilustrasi mulut bibir
pexels

Anafilaksis adalah reaksi alergi yang mengancam jiwa dan keadaan darurat medis yang memerlukan perawatan segera. Reaksi anafilaksis dapat dimulai dengan gatal, kesemutan, atau pembengkakan di mulut jika Anda telah terpapar alergen. Penyebab umum anafilaksis adalah alergi terhadap racun lebah, tawon, atau serangga lainnya, obat-obatan, makanan, dan getah.

Gejala anafilaksis dapat meliputi pembengkakan, gatal-gatal, rasa sesak di tenggorokan, sulit bernapas, suara serak, sakit perut, mual, muntah, diare, tekanan darah rendah, pingsan, pusing, dan detak jantung cepat. Beberapa orang yang mengalami anafilaksis mengalami serangan jantung, dan kematian dapat terjadi.

2. Alergi

012 siti rutmawati

©www.pediatriccenterofroundrock.com

Jika mengalami mulut gatal, seseorang mungkin mempunyai alergi terhadap makanan atau serbuk sari tertentu. Mungkin saja seseorang memiliki sindrom alergi oral atau dikenal sebagai sindrom makanan serbuk sari. Suatu kondisi yang biasanya dimulai selama masa remaja dan dewasa. Sindrom alergi oral bahkan dapat terjadi ketika makan makanan yang mungkin pernah dikonsumsi tanpa ada masalah sebelumnya.

3 dari 3 halaman

Jamur dan Frostbite

3. Infeksi Jamur

jamur

©www.healthtap.com

Jika mulut gatal secara terus menerus, seseorang mungkin mengalami infeksi jamur di mulut atau dikenal sebagai sariawan. Ini adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh pertumbuhan Candida albicans yang berlebih di jaringan mulut. Bercak sariawan mungkin muncul di lidah, bagian dalam pipi, amandel, gusi, atau langit-langit mulut. Orang dewasa yang lebih tua, bayi, dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah atau lemah paling rentan terkena sariawan.

4. Luka Dingin atau Radang Dingin

ilustrasi bibir kering

©Unsplash

Luka dingin adalah luka yang terbentuk di sekitar bagian luar mulut, biasanya di sekitar bibir. Luka ini disebabkan oleh virus herpes simpleks dan sangat menular. Luka dingin biasanya kecil tetapi beberapa mungkin berkumpul bersama. Sebelum lepuh muncul, banyak orang mengalami gatal dan kesemutan di sekitar bibir. Luka dingin dimulai sebagai lepuh kecil berisi cairan yang terbentuk di dekat mulut, pipi, dan hidung. Luka ini pecah, mengeras, dan membuat luka yang bisa bertahan di mulut Anda hingga dua minggu.

Biasanya untuk reaksi alergi yang ringan, kondisi mulut gatal ini akan cepat hilang. Namun jika rasa gatal di mulut sudah berada dalam tingkat yang parah dan tak kunjung sembuh, maka jangan ragu untuk pergi ke dokter.

Reporter: Eleonora Gifthalia Christi Adena

[mgd]

Baca juga:
Penyebab Hepatitis Akut yang Wajib Diketahui, Kenali Gejalanya Sejak Dini
Jenis-Jenis Hepatitis Berdasarkan Penyebabnya, Berikut Gejala yang Perlu Diwaspadai
Penyebab Penyakit Mulut dan Kuku, Dampak, Penyebaran Serta Pencegahannya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini