Benarkah ketombe itu bisa menular?

Kamis, 5 Oktober 2017 13:14 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Benarkah ketombe itu bisa menular? ilustrasi ketombe. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - ketombe merupakan masalah yang umum menyerang kesehatan rambut. Ketombe sendiri bisa muncul akibat infeksi jamur. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang meyakini bahwa ketombe itu bersifat menular.

Benarkah demikian?

Well, menurut penelitian yang dilansir dari thehealthsite.com, ketombe tidak bisa menular. Memang benar bahwa ketombe disebabkan karena infeksi jamur yang disebut dengan Malassezia di kulit kepala dan memunculkan serpihan kuning atau putih. Namun ketombe tidak bisa menular.

"Ketombe bisa bertambah buruk jika suhu dan kelembaban di kulit kepala meningkat yang kemudian membuatmu berkeringat. Oleh karena itu kamu yang berketombe wajib menjaga suhu di kepala agar selalu sejuk," terang penelitian ini.

Caranya?

  • Cuci rambut setidaknya 2 kali dalam seminggu dan keringkan. Jika rambutmu basah karena hujan, segera cuci dan juga keringkan. Hal ini membantu untuk mengurangi kotoran yang menyebabkan infeksi sehingga terjadi ketombe.
  • Jika kulit kepalamu cenderung kering, lembabkan dengan minyak kelapa. Biarkan semalaman. Lalu cuci sampai bersih keesokan harinya.
  • Hindari menggunakan produk perawatan rambut atau cat rambut yang mengandung bahan kimia sebab bisa mengiritasi kulit kepala dan membuat ketombe bertambah parah.
[feb]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini