Baca Buku Selama 6 Menit, Cara Mudah untuk Hilangkan Stres

Jumat, 27 Desember 2019 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Baca Buku Selama 6 Menit, Cara Mudah untuk Hilangkan Stres Ilustrasi membaca buku. ©2015 Picjumbo/Victor Hanacek

Merdeka.com - Menghilangkan atau meredakan rasa stres merupakan suatu hal yang penting dilakukan sehari-hari. Hal ini penting untuk mencegah terlalu bertumpuknya masalah pada kehidupanmu sehari-hari.

Ketika stres yang kamu miliki bertumpuk, maka kamu juga bakal lebih mudah mengalami kelelahan. Oleh karena itu, penting untuk mencari cara yang bisa menghilangkan stres ini dengan mudah dan cepat.

Tanpa kamu sadari, ternyata terdapat cara yang sangat mudah untuk menghilangkan stres ini. Dilansir dari Her, kamu bisa menghilangkan stres dengan cara membaca buku.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa membaca selama 6 menit bisa menurunkan stres hingga 68 persen. Hal ini bisa membuatmu kembali menjalani kehidupan dengan ketegangan yang berkurang dan pikiran yang lebih jernih.

Peneliti dari Mindlab International di University of Sussex mengukur tingkat stres dan detak jantung dari sejumlah kelompok sebelum melakukan aktivitas. Pada penelitian tersebut, dilihat juga sejumlah tanda stres pada diri mereka.

1 dari 2 halaman

Membaca Jadi Cara Paling Ampuh Hilangkan Stres

Sejumlah kegiatan lain juga diketahui bisa menurunkan stres dengan cukup signifikan. Beberapa kegiatan tersebut adalah mendengarkan musik (menurunkan stres hingga 61 persen, minum teh (menurunkan stres 54 persen), dan berjalan (menurunkan stres 42 persen). Jumlah tersebut masih berada di bawah membaca buku.

"Menenggelamkan diri pada buku merupakan relaksasi yang luar biasa," terang peneliti dan neuropsikolog kognitif, Dr. David Lewis.

"Tak peduli buka apa yang kamu baca, menenggelamkan diri sepenuhnya pada bacaan bisa membuatmu lepas dari rasa khawatir dan stres yang muncul dari kehidupan sehari-hari dan menghabiskan sejumlah waktu menjelajahi imajinasi penulis," sambungnya.

Lewis juga menerangkan bahwa membaca bisa lebih dari hanya sekadar pengalih perhatian. Pasalnya manfaat yang diperoleh dari membaca buku ini tidak bisa diperoleh dari pengalih perhatian lain seperti membuka Instagram atau bermain video game.

2 dari 2 halaman

"Hal ini lebih dari sekadar pengalih perhatian," terang Lewis.

"Namun keterlibatan aktif dari imajinasi sebagai kata yang dicetak menstimulasi kereativitas dan menyebabkan kamu masuk dalam kondisi kesadaran yang lain," sambungnya.

Di antara sejumlah bacaan, terdapat jenis buku tertentu yang lebih ampuh untuk turunkan stres. Buku novel dan fiksi merupakan pilihan terbaik untuk menghilangkan rasa stres ini. [RWP]

Baca juga:
Olahraga Bisa Jadi Cara Sehat untuk Menekan Perasaan Depresi
Tingkat Parahnya Depresi Seseorang Bisa Pengaruhi Penyakit Kardiovaskular
Sejumlah Hobi yang Ampuh untuk Menurunkan Tingkat Stres
Konsumsi Makanan Sehat Bisa Bantu Atasi Gejala Depresi Seseorang
Banyaknya Depresi Berujung Bunuh Diri Disebabkan Gagalnya Deteksi Masalah Tersebut

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini