Awas, keseringan makan daging merah bisa bikin gagal ginjal lho!

Senin, 18 Juli 2016 13:48 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Awas, keseringan makan daging merah bisa bikin gagal ginjal lho! Ilustrasi daging. Shutterstock/wrangler

Merdeka.com - Kamu seorang pecinta makanan berbahan dasar daging merah seperti daging sapi atau daging kambing? Well, bisa jadi sebuah penelitian yang dilansir dari boldsky.com ini menjadi kabar buruk bagimu. Sebab penelitian ini mengatakan bahwa terlalu banyak makan daging merah bisa meningkatkan risiko untuk terkena penyakit gagal ginjal.

"Temuan menunjukkan bahwa orang yang sering mengonsumsi daging merah memiliki 40% risiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit ginjal stadium akhir yang membutuhkan dialisis atau transplantasi ginjal," tulis penelitian ini. "Daging merah sarat akan kandungan lemak di dalamnya. Terlalu banyak mengonsumsi daging ini bisa memperberat kerja ginjal untuk mencernanya. Akibatnya ginjal akan menjadi berlemak dan mengganggu kesehatannya."

"Sementara itu di sisi lain mereka yang mengurangi kebiasaan untuk makan daging merah dan menggantinya dengan sumber protein lain seperti telur, produk olahan susu, hingga kacang-kacangan mengalami penurunan risiko penyakit ginjal hingga 62%."

"Namun, meskipun sama-sama daging, namun mereka yang mengonsumsi daging ayam, daging ikan, atau telur tidak memiliki risiko yang sama."

Well, mengonsumsi daging merah memang baik untuk kesehatan. Sebab kandungan zat besi di dalamnya bisa menambah kesehatan darah. Namun jangan terlalu banyak ya sebab bisa merusak kesehatan ginjalmu. [feb]

Baca juga:
Apakah yogurt aman dikonsumsi oleh penderita sakit ginjal?
Urin berdarah adalah tanda awal dari batu ginjal?

8 Hal yang akan terjadi dalam tubuh saat kamu alami gagal ginjal

Terlalu sering ingin pipis? Waspadai 5 alasan ini

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini