Awas, 7 hal ini bisa rusak kesehatan hati kamu

Kamis, 3 Maret 2016 16:03 Reporter : Siti Rutmawati
Awas, 7 hal ini bisa rusak kesehatan hati kamu ilustrasi kesehatan hati. ©www.defyinglupus.com

Merdeka.com - Hati adalah orang terbesar dalam tubuh dan terlibat dengan lebih dari 500 fungsi yang berbeda dalam tubuh. Beberapa fungsi penting yang dijalankannya antara lain seperti pencernaan, metabolisme, penyimpanan nutrisi serta pembuangan racun.

Jadi, ketika fungsi hati terganggu kamu akan mengalami banyak gangguan dalam tubuh. Nah, untuk menghindari hal tersebut terjadi, maka penting bagi kamu untuk mengetahui beberapa hal yang menyebabkan kerusakan hati. Melansir dari thehealthsite, berikut ini merupakan tujuh hal yang berkontribusi pada kerusakan hati.

1. Alkohol

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan adalah penyebab utama kerusakan hati. Saat kamu mengonsumsi alkohol, hati akan dialihfungsikan dan berfokus untuk mengkonversi alkohol untuk mengurangi racun yang ada di dalamnya. Penyerapan alkohol oleh hati menyebabkan penyakit hati berlemak, radang hati dan sirosis.

2. Obesitas

Orang yang mengalami obesitas memiliki kelebihan lemak dalam tubuh yang cenderung menumpuk di hati. Inilah yang menjadi penyebab penyakit yang disebut dengan penyakit hati berlemak. Obesitas juga disangkut-pautkan dengan sirosis hati dan gagal hati.

3. Diabetes

Diabetes meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit hati hingga 50 persen. Orang dengan diabetes memiliki resistensi insulin, yaitu kondisi di mana tingkat insulin dalam darah memicu kenaikan berat badan, terutama bagian perut. Kondisi ini menyebabkan hati menyimpan lemak dalam tubuh dan berujung pada penyakit hati berlemak.

4. Asupan garam yang tinggi

Mungkin telah banyak orang yang memahami bahwa asupan garam yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah. Tetapi, tak banyak orang yang memahami bahwa ini juga bisa memicu penyakit hati berlemak dengan membangun cairan dalam hati dan pembengkakan pada hati.

5. Merokok

Meskipun asap rokok tak secara langsung berefek pada fungsi hati, tetapi bahan kimia yang ada di dalam asap rokok meningkatkan stres oksidatif ketika telah mencapai hati. Kondisi ini dapat merusak sel-sel hati.

6. Terlalu sering menggunakan obat

Terlalu sering menggunakan obat ternyata dapat menyebabkan kerusakan hati. Beberapa jenis obat yang harus kamu waspadai seperti anti-depresan, kortikosteroid (digunakan untuk mengobati peradangan) dan obat penghilang rasa sakit.

7. Infeksi dan penyakit

Virus hepatitis A,B,C dan hepatitis autoimmun langsung menyerang sel-sel hati yang dapat menyebabkan peradangan. Tanpa perawatan yang tepat, hepatitis dapat menyebabkan sirosis hati (pengerasan dan bekas luka jaringan hati). Secara bertahap kondisi ini dapat menyebabkan gagal hati.

Selain ketujuh hal di atas, infeksi usus juga dapat menyebabkan kerusakan pada organ hati kamu. Pasalnya, ragi candida dapat mengganggu fungsi detoksifikasi dan menyebabkan kerusakan hati. [SRA]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini