8 Cara Mudah Menghilangkan Masalah Sariawan yang Mengganggu di Mulut

Jumat, 15 Mei 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
8 Cara Mudah Menghilangkan Masalah Sariawan yang Mengganggu di Mulut Ilustrasi bibir. ©Shutterstock

Merdeka.com - Masalah kesehatan yang rentan dialami pada saat berpuasa seperti sekarang adalah sariawan. Hal ini bakal sangat mengganggu dalam menjalankan ibadah puasa.

Sariawan merupakan luka terbuka di selaput lendir kulit yang ada di bibir bagian dalam, pipi bagian dalam pipi, atas mulut, dan lidah. Hal ini bisa terjadi akibat tak sengaja tergigit atau berbagai hal lain.

Ketika sariawan tersentuh atau tergigit, tentu muncul rasa sakit yang luar biasa. Hal ini bisa membuatmu merasa sangat sakit dan mengganggu aktivitas.

Untuk meredakan masalah ini, terdapat sejumlah hal yang bisa kamu lakukan. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah cara untuk mengatasi sariawan.

1 dari 8 halaman

Konsumsi Nutrisi Tepat

Saat kamu sariawan, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti seng, asam folat, zat besi, atau vitamin B12. Nutrisi tersebut mampu membantumu menghilangkan atau menyembuhkan luka karena sariawan.

2 dari 8 halaman

Kendalikan Stres

Tekanan psikologis dan gangguan hormonal bisa menyebabkan sariawan. Agar kamu bisa sembuh dari sariawan, maka kamu harus belajar untuk mengelola stresmu.

3 dari 8 halaman

Konsumsi Nutrisi Tertentu

Makan kiwi, minum jus lidah buaya, atau berkumur dengan air garam yang hangat sangat membantu untuk menyembuhkan sariawan. Cara ini juga cukup lezat untuk diterapkan.

4 dari 8 halaman

Oleskan Bawang dan Es Batu

dan es batu

Oleskan bawang merah mentah atau es batu di atas luka sariawan. Tindakan ini terbukti bisa menyembuhkan sariawan secara cepat.

5 dari 8 halaman

Minum Susu

Konsumsi susu bisa membantu mengatasi berbagai masalah yang terjadi di dalam mulut. Konsumsi minuman ini juga bisa efektif untuk mengobati sariawan.

6 dari 8 halaman

Menggunakan Tomat

Meletakkan tomat di atas luka sariawan bisa membantu mengatasi masalah ini. Kandungan bahan alami di dalamnya bisa menyembuhkan sariawan dengan lebih cepat.

7 dari 8 halaman

Gunakan Ramuan Daun Ketumbar

Selain air hangat yang dicampur garam, rendaman daun ketumbar juga mampu mengobati sariawan. Cara ini bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

8 dari 8 halaman

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

tubuh

Sariawan terjadi akibat serangan virus dan mikroorganisme di dalam sel mulut yang sehat. Oleh karena itu konsumsi beragam makanan peningkat sistem kekebalan tubuh agar kamu terhindar dari sariawan yang menyiksa.

Sejumlah cara tersebut bisa kamu lakukan untuk mengatasi sariawan mengganggu yang kamu alami. Selamat mencoba! [RWP]

Baca juga:
Bekerja di Rumah Buat Mata Cepat Lelah, Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya
Dokter Anak Sarankan Orangtua untuk Ajarkan Puasa Secara Bertahap

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini