8 Bahan Makanan yang Tak Bakal Mengalami Kedaluwarsa

Rabu, 21 Agustus 2019 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
8 Bahan Makanan yang Tak Bakal Mengalami Kedaluwarsa Ilustrasi beras. ©shutterstock.com/Piotr Malczyk

Merdeka.com - Salah satu masalah yang terjadi ketika menyimpan bahan makanan adalah kedaluwarsa yang terjadi terhadap bahan tersebut. Adanya tanggal kedaluwarsa serta waktu mengonsumsi makanan bisa menyebabkan sejumlah makanan memiliki batas waktu tertentu untuk dikonsumsi.

Beberapa makanan memiliki tanggal kedaluwarsa yang sangat lama jika dihitung dari tanggal produksinya. Namun pada beberapa makanan, waktu kedaluwarsa yang terjadi ini lebih cepat.

Adanya tanggal kedaluwarsa ini menjadi acuan kondisi terbaik dan aman untuk mengonsumsi sejumlah makanan tersebut. Namun pada beberapa jenis, beberapa makanan ini tetap aman dikonsumsi kendati sudah lewat tanggal kedaluwarsanya.

Walau beberapa makanan memiliki tanggal kedaluwarsa, namun beberapa yang lain tidak memiliki tanggal ini. Sejumlah makanan tidak memiliki tanggal kedaluwarsa dan aman untuk dimakan dalam waktu yang lain.

Sejumlah bahan makanan yang tak memiliki tanggal kedaluwarsa ini bisa berbentuk alami maupun olahan. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah bahan makanan yang tidak memiliki tanggal kedaluwarsa.

1 dari 8 halaman

Beras

Beras merupakan salah satu makanan yang bisa disimpan dalam waktu lama dan tak memiliki tanggal kedaluwarsa. Beras akan tetap aman dimakan selama disimpan di tempat yang kering, bersih, dan bersuhu di bawah 40 derajat.

2 dari 8 halaman

Kacang-Kacangan Kering

Kacang-kacangan kering merupakan bahan makanan lain yang bisa tetap dimakan dalam waktu lama. Selama disimpan dalam wadah kering, bersih, dan tertutup, bahan makanan ini tak memiliki tanggal kedaluwarsa.

3 dari 8 halaman

Madu

Madu merupakan makanan alami yang bisa bertahan dalam waktu lama. Pasalnya, proses produksi madu dengan lebah akan membantunya memiliki masa simpan lebih lama.

4 dari 8 halaman

Gula

Gula merupakan salah satu makanan yang bisa dikonsumsi dalam waktu lama. Pastikan saja untuk menggunakan wadah yang kering dan kedap udara. Selain itu, gunakan sendok kering dan bersih untuk mengambil gula agar terhindar dari masalah.

5 dari 8 halaman

Cuka

Cuka merupakan salah satu bumbu masak yang bisa bertahan dalam jangka waktu sangat lama. Kandungan bahan kimia dalam makanan ini membuatnya memiliki masa penyimpanan cukup lama.

6 dari 8 halaman

Pasta Kering

Walau memiliki tanggal kedaluwarsa, namun sesungguhnya pasta kering dapat disimpan dan dikonsumsi dalam waktu lama. Pastikan saja bahwa kamu menyimpannya di wadah tertutup, bersih, dan kering.

7 dari 8 halaman

Garam

Garam merupakan salah satu mineral tertua yang ada di bumi. Oleh karena itu, garam juga memiliki masa konsumsi yang cukup lama dan tak memiliki tanggal kedaluwarsa.

8 dari 8 halaman

Kopi Kemasan

Kopi instan kemasan tidak memiliki tanggal kedaluwarsa dan dapat bisa dikonsumsi dalam waktu lama. Selama kemasan tidak terbuka dan tak lembap, jenis makanan ini bisa kamu konsumsi dalam waktu lama.

Sejumlah bahan makanan ini bisa kamu konsumsi dalam jangka waktu lama karena tak memiliki tanggal kedaluwarsa. Hanya saja perhatikan selalu simpan di tempat kering dan sejuk agar bisa dikonsumsi dalam waktu lama. [RWP]

Baca juga:

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini