7 Langkah Sederhana yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil Agar Tetap Sehat Bekerja

Selasa, 23 April 2019 13:10 Reporter : Rizky Wahyu Permana
7 Langkah Sederhana yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil Agar Tetap Sehat Bekerja ilustrasi ibu hamil bekerja. ©shutterstock/Zdorov Kirill Vladimirovich.com

Merdeka.com - Pada saat ini, bukan hal yang aneh bagi wanita untuk tetap bekerja walau tengah hamil. Kondisi kehamilan yang dialami oleh seorang wanita ini menyebabkan mereka harus melakukan sedikit perubahan untuk membuat kandungan tetap sehat dan terus bekerja.

Beberapa langkah sederhana bisa dilakukan untuk menyesuaikan kondisi ibu hamil sambil bekerja. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah tips yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk menyesuaikan diri agar bisa tetap bekerja.

1. Makan dengan Jumlah Tepat

Mengonsumsi makanan dengan jumlah tepat merupakan sebuah kewajiban ketika tengah hamil. Jenis makanan yang dipilih ketika hamil harus cukup sehat dan kaya nutrisi. Wanita hamil juga perlu untuk mengonsumsi setidaknya 4 porsi kalsium setiap hari.

2. Konsumsi Camilan Sehat

Bagi seorang wanita hamil yang bekerja, rasa lapar merupakan hal kerap menghampiri mereka. Oleh karena itu, harus disediakan camilan sehat dengan kadar gula tepat agar tak muncul rasa mual dan pusing.

3. Konsumsi Suplemen

Konsumsi suplemen merupakan sebuah hal yang sebaiknya dilakukan ketika tengah hamil. Suplemen dengan kandungan asam folat dan asam omega 3 yang kaya, sangat baik untuk perkembangan kesehatan janin.

4. Istirahat Cukup

Bagi ibu hamil, butuh waktu cukup sekitar 10-11 jam setiap harinya untuk tidur. Istirahat berupa tidur di malam hari bisa berdampak baik untuk memperlancar aliran darah dan mampu menjaga kesehatan janin yang tengah dikandung.

5. Olahraga Ringan

Tengah hamil bukan berarti waktunya bermalas-malasan saat berolahraga. Melakukan olahraga ringan seperti berjalan-jalan ringan dapat mencegah terjadinya pembekuan darah, pembengkakan kaki, dan varises.

6. Hindari Asap Rokok

Merokok merupakan hal yang terlarang bagi ibu hamil. Tak hanya itu, paparan asap rokok pada ibu hamil juga dapat mengganggu kesehatan janin dan menyebabkan bayi lahir prematur.

7. Hindari Alkohol

Sama seperti rokok, alkohol merupakan hal yang sebisa mungkin dihindari ketika hamil karena dapat menyebabkan sejumlah masalah kandungan. Masalah Fetal Alcohol Syndrome (FAS) menyebabkan bayi lahir cacat dan mengalami keterbelakangan mental.

Bekerja ketika hamil merupakan sebuah hal yang tak bakal mengganggu kesehatan kamu. Hanya saja hindari sejumlah hal tersebut atau masalah-masalah kesehatan lain yang dapat mengganggu kesehatan tubuh dan janinmu. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini