7 Cara Aman dan Sehat untuk Menambah Berat Badan secara Cepat

Jumat, 12 Agustus 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
7 Cara Aman dan Sehat untuk Menambah Berat Badan secara Cepat Ilustrasi makan. youtube.com

Merdeka.com - Sama seperti kelebihan berat badan, kekurangan berat badan atau terlalu kurus merupakan salah satu hal yang bisa memunculkan masalah kesehatan. Oleh karena itu, ukuran berat badan yang ideal merupakan suatu hal yang penting untuk kita perhatikan.

Berdasar penelitian, seseorang yang memiliki berat badan di bawah normal cenderung mengalami sejumlah masalah kesehatan. Mereka cenderung memiliki daya tahan tubuh yang lemah, sering merasa lemas, mengalami masalah rambut, serta bahkan mengalami masalah pada siklus menstruasi yang berantakan.

Menambah berat badan ketika kita memiliki badan yang terlalu kurus, tak cukup hanya dengan makan sebanyak-banyaknya. Hal ini malah bisa membuat kita bertambah berat badan namun tak diimbangi dengan kondisi sehat yang kita butuhkan.

Konsumsi makanan secara sembarangan dan dengan jumlah terlalu banyak bisa membuat risiko sejumlah masalah kesehatan terus meningkat. Hal ini bisa membuat meningkatnya berat badan juga diiringi munculnya penyakit jantung, diabetes, serta kanker.

Untuk menambah berat badan secara sehat dan aman, terdapat sejumlah cara yang bisa kamu terapkan. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah cara aman dan sehat untuk menambah berat badan dengan cepat.

Tambah Konsumsi Kalori

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah meningkatkan asupan kalori dalam tubuh. Pada saat kamu mengonsumsi kalori di atas kebutuhan tubuh, hal ini dikenal dengan nama surplus kalori.

Hal ini tidak perlu kamu lakukan setiap hari, namun bisa dilakukan secara rutin selama beberapa pekan. Walau begitu, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukannya.

2 dari 4 halaman

Konsumsi Lebih Banyak Karbohidrat, Lemak, dan Protein

Lebih Banyak Mengonsumsi Karbohidrat dan Lemak

Karbohidrat dan lemak merupakan dua makanan yang dihindari pada saat seseorang sedang menurunkan berat badan. Oleh karena itu, jika ingin menambah berat badan, keduanya perlu untuk dikonsumsi dalam jumlah lebih banyak. Pastikan untuk mengonsumsi setidaknya tiga makanan dengan kandungan karbohidrat dan lemak yang cukup tinggi setiap hari.

Tambah Asupan Protein

Konsumsi protein secara cukup sangat penting untuk meningkatkan massa otot. Untuk meningkatkan berat badan, penting mengonsumsi protein hewani atau bisa juga diganti dengan suplemen protein.

3 dari 4 halaman

Konsumsi Makanan Padat Energi dan Berolahraga

padat energi dan berolahraga

Konsumsi Makanan Padat Energi

Konsumsi makanan seperti buah, sayur, biji-bijian, dan polong-polongan penting dilakukan untuk meningkatkan berat badan. Selain bisa membuat badan lebih cepat gemuk, makanan ini juga bisa membantumu menjaga kesehatan.

Berolahraga

Berolahraga merupakan hal yang penting untuk menambah berat badan. Pada saat seseorang berolahraga secara teratur, massa otot bisa meningkat sehingga berat badan juga bisa naik. Hal ini juga bisa meningkatkan selera makan karena kamu menjadi lebih lapar usai berolahraga.

4 dari 4 halaman

Konsumsi Air Putih dan Hindari Makanan Tak Sehat

Konsumsi Cukup Air

Bagi sejumlah orang, konsumsi air sebelum makan bisa menurunkan nafsu makan. Oleh karena itu, disarankan untuk minum sebelum makan terutama pada jenis minuman tinggi kalori.

Hindari Makanan dan Minuman Tak Sehat

Banyak orang mengonsumsi makanan dan minuman tak sehat untuk menambah berat badan. Namun, menambah berat badan tanpa memperhatikan kandungan nutrisi ini merupakan hal yang harus dihindari.

Sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat untuk menambah berat badan ini. Hal ini bisa membuat berat badan bertambah namun dirimu masih tetap sehat. [RWP]

Baca juga:
Disentri dan Flu Bisa Hambat Pertumbuhan Anak, Orangtua Perlu Waspada!
ASI Tak Keluar Usai Persalinan Tak Perlu Jadi Kerisauan Ibu
Pentingnya Suplemen untuk Melengkapi Olahraga dalam Menjaga Kesehatan Tulang
Berapa Lama Sebenarnya ASI Bisa Tahan saat Disimpan di Kulkas?
Diabetes Tipe 1 Bisa Terjadi di Anak, Kenali Gejala dan Penanganannya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini