7 Alasan mengapa yoga adalah olahraga terbaik!

Jumat, 20 Mei 2016 07:59 Reporter : Indra Cahya
7 Alasan mengapa yoga adalah olahraga terbaik! Ilustrasi yoga. © huffingtonpost.com

Merdeka.com - Yoga, yang sudah dikenal sejak 5.000 tahun silam, sudah menjadi sejarah dalam filosofi spiritual di India. Tujuan utama dari yoga sebenarnya jauh dari olahraga. Yakni 'merilis' kekuatan spiritual dan mental dari seseorang. Meski demikian, yoga kini sudah sangat populer sebagai olahraga yang dapat melawan stress dan problem kecemasan yang kerap melanda masyarakat modern.

Terlepas dari aspek spiritual di dalamnya, aspek kesehatan psikologis jadi alasan utama seseorang melakukan yoga. Bahkan yoga dianggap memiliki banyak manfaat dari sisi ilmiah dan sains. Yuk kita pahami mengapa yoga jadi olahraga terbaik yang dapat kita lakukan. Berikut ulasannya.

1. Mengurangi hormon stress

Ketika tubuh kita dalam situasi stres, tubuh akan merilis hormon bernama kortisol, yang membuat kita seakan-akan 'sadar' bahwa kita berada dalm situasi kritis. Sayangnya, hormon ini dapat mengganggu fungsi tubuh dalam jangka panjang. Dengan yoga, tingkat stres dapat direduksi, sehingga produksi kortisol berkurang dan membuat jiwa jadi lebih tenang.

2. Merilis enzim antioksidan

Berbagai hal buruk yang berasal di luar tubuh kita seperti polusi dan makanan yang tidak sehat, membuat tubuh kita membentuk radikal bebas yang merupakan akar dari banyak penyakit berbahaya seperti kanker. Untuk melawan hal tersebut, tubuh manusia sebenarnya memiliki sistem pertahanan internal berupa enzim antioksidan. Ternyata, tingkat enzim antioksidan yang ada dalam tubuh bisa meningkat dengan bantuan yoga. Tentu jika Anda rutin melakukan yoga, penyakit juga tak akan menjangkit Anda dalam jangka panjang.

3. Merangsang sistem saraf parasimpatik

Yoga dapat merangsang sistem saraf parasimpatik, yang sangat krusial untuk menenangkan dan mengembalikan keseimbangan mental pasca stres. Ketika sistem saraf parasimpatik 'menyala,' aliran darah akan mengarah menuju kelenjar endokrin, organ pencernaan dan berbagai organ lain. Selain itu, detak jantung akan lebih 'kalem' dan tekanan darah berkurang.

4. Meningkatkan imun tubuh

Yoga sudah dikenal mampu mereduksi jumlah kortisol. Terlalu banyak kortisol dapat mengurangi keefektifan sistem imun tubuh dalam menjaga sistem dalam tubuh. Yoga yang mampu mengontrol kadar kortisol tentu dapat meningkatkan sistem imun tubuh yang dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit.

5. Menyembuhkan kecanduan

Berbagai 'candu' mulai dari makanan enak hingga zat berbahaya, memiliki cara kerja dengan merilis dopamine di otak. Dopamin bisa didapatkan secara natural hanya dengan melakukan yoga. Jadi jika Anda bermasalah dengan berbagai candu, melakukan yoga bisa membantu Anda untuk lepas dari jeratan candu tersebut.

6. Yoga dapat mempertajam ingatan

Para ilmuwan yang melakukan scan otak menggunakan MRI, menemukan bahwa orang-orang yang melakukan yoga, punya banyak 'gray matter' di otak mereka ketimbang yang tidak melakukan yoga. Gray matter sendiri berfungsi sebagai pusat pemrosesan atau analisa informasi. Dengan melakukan yoga lebih banyak, area tersebut bisa makin meluas dan berpotensi mempertajam ingatan.

7. Yoga membantu kita untuk tidak menoleh ke masa lalu

Banyak testimoni dari para pegiat yoga, bahwa yoga membuat kita akan fokus pada masa sekarang dan masa depan. Hal ini dikarenakan oleh berbagai manfaat yang didapat oleh tubuh ketika yoga, membuat seseorang akan sadar akan pemikiran negatif mereka di masa lalu, dan makin sadar untuk segera membuangnya. Hal ini demi tetap mempertahankan situasi positif yang dibangun ketika yoga. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Yoga
  3. Penelitian Kesehatan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini