6 Masalah Kesehatan yang Bisa Muncul dari Kebiasaan Memangku Laptop

Kamis, 6 Januari 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Masalah Kesehatan yang Bisa Muncul dari Kebiasaan Memangku Laptop Ilustrasi menggunakan laptop. ©Pexels/bongkarn thanyakij

Merdeka.com - Laptop merupakan salah satu gawai yang kita gunaka sehari-hari untuk bekerja. Karena praktis dan ringan, laptop kerap menjadi barang yang kita gunakan sehari-hari.

Kebiasaan membawa laptop ini menjadikan kita siap bekerja di mana saja dan kapan saja. Hal ini tanpa disadari kerap membuat kita menggunakan laptop dengan cara memangkunya terutama ketika tidak ada meja.

Kebiasaan ini terutama sering dilakukan banyak orang pada saat di perjalanan atau saat sedang butuh membuka laptop karena urusan mendesak. Walau praktis, namun kebiasaan ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Kebiasaan memangku laptop ini bisa membuat seseorang rentan terpapar radiasi gelombang elektromagnetik. Munculnya radiasi ini merupakan penyebab terjadinya sejumlah masalah kesehatan ini.

Sejumlah dampak bisa dialami tubuh baik pada pria atau wanita ketika terlalu sering memangku laptop. Dilansir dari vesttech.com, berikut sejumlah dampak buruk kesehatan yang bisa muncul dari kebiasaan memangku laptop.

2 dari 4 halaman

Menimbulkan Masalah Reproduksi dan Kehamilan

1. Masalah Organ Reproduksi

Adanya radiasi elektromagnetik pada laptop bisa menimbulkan bahaya bahaya bagi organ reproduksi pria. Bahaya ini dapat muncul ketika pria terlalu sering memamngku laptop.

Paparan dari gelombang elektromagnetik pada laptop bisa memengaruhi sperma pria. Kondisi ini bisa menurunkan pergerakan sperma dan berujung menurunnya kesuburan pria akibat radiasi dari laptop.

2. Masalah Kehamilan

Tidak hanya pada kesuburan pria, penggunaan laptop ini terutama secara berlebih bisa memengaruhi kesuburan wanita. Hal ini bisa menyebabkan perlambatan dalam produksi sel telur dan membuat kesulitan dalam membuahinya.

Pada wanita yang tengah hamil, penggunaan laptop dengan cara dipangku ini bisa menimbulkan masalah bagi janin. Pada saat bayi dilahirkan, mereka cenderung mengalami masalah pada perkembangan.

3 dari 4 halaman

Kanker dan Masalah Tidur

masalah tidur

3. Munculkan Kanker Jenis Tertentu

Sebuah penelitian yang dilaksanak di Swiss mengungkap bahwa memangku laptop dalam kondisi panas bisa menyebabkan cedera pada kulit. Lebih lanjut, kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya kanker kulit.

Tidak hanya kanker kulit, kebiasaan memangku laptop juga bisa menyebabkan jenis kanker lain. Pada saat memangku, laptop berada pada kondisi yang sangat dekat dengan testis dan ovarium, hal ini bisa menimbulkan kanker pada kedua organ tersebut.

4. Masalah Tidur

Secara umum, penggunaan laptop terutama dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan masalah tidur. Paparan cahaya biru dari laptop bisa menyebabkan munculnya masalah ini.

Pada saat memangku laptop, posisinya cenderung lebih dekat dengan mata sehingga masalah ini lebih rentan dialami. Kondisi ini menyebabkan kamu menjadi lebih sulit terlelap di malam hari dan cenderung tidak nyenyak saat tidur.

4 dari 4 halaman

Masalah Leher dan Punggung serta Kulit

5. Nyeri Leher dan Punggung

Memangku laptop juga bisa timbulkan masalah pada punggung dan leher. Pasalnya, pada saat menggunakannya, kamu cenderung membungkukkan badan.

Postur tubuh yang tidak ideal saat menggunakan laptop di pangkuan menyebabkan munculnya rasa nyeri di leher dan punggung. Hal ini menyebabkan pentingnya menggunakan meja pada saat memakai laptop.

6. Menyebabkan Masalah Kulit

Pada saat menggunakan laptop terlalu lama, suhu dari perangkat tersebut mungkin memanas. Kondisi panas ini bisa menyebabkan melepuh atau terbakar pada kulit.

Kondisi ini bisa serupa ruam yang muncul di paha karena paparan suhu panas. Lebih jauh, ketika kebiasaan ini terus-menerus dilakukan masalah kulit ini bisa berujung pada kanker. [RWP]

Baca juga:
Waspadai Terjadinya Inflamasi Kronis yang Terjadi pada Pasien Diabetes
Ketahui Penyebab Munculnya Masalah Penyempitan Saluran Kemih Bagian Bawah pada Pria
Jangan Sepelekan Pemberian Nutrisi pada Balita agar Tidak Alami Stunting
Hal yang Penting Diketahui Wanita Penderita Diabetes saat Menjalani Program Kehamilan
Salah Berjemur Bisa Sebabkan Kulit Kusam, Ketahui Cara Tepat Melakukannya
Ketahui 6 Cara Jaga Kesehatan bagi Ibu Hamil di Masa Pandemi COVID-19

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini