6 Makanan yang Pantang Dikonsumsi oleh Anak Usia di Bawah 1 Tahun

Senin, 20 Januari 2020 00:35 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Makanan yang Pantang Dikonsumsi oleh Anak Usia di Bawah 1 Tahun Ilustrasi bayi makan. ©Shutterstock.com/gresei

Merdeka.com - Pada enam bulan pertama, bayi disarankan untuk diberikan ASI eksklusif tanpa konsumsi cairan atau makanan lain. Usai enam bulan tersebut, orang tua disarankan tetap memberi ASI sambil didampingin makanan pendamping.

Memberi ASI disertai makanan pendamping ini disarankan untuk diberikan hingga dua tahun atau hingga ibu dan anak menghendaki. Makanan yang tepat ini sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan anak.

ASI memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi pada masa-masa awal kehidupannya. Walau begitu seiring pemberian makan pendamping, bayi mulai dikenalkan dengan sejumlah makanan yang penting untuk diberikan pada mereka.

Pada saat ini terutama sebelum usia satu tahun, penting untuk memberi makanan sehat pada bayi. Hanya saja pada beberapa bahan makanan yang tergolong sehat, hal ini belum tentu cocok diberikan pada bayi.

Sejumlah makanan sehat bisa menjadi berdampak buruk saat dikonsumsi bayi sebelum berusia satu tahun. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah makanan yang pantang diberikan pada bayi sebelum usia satu tahun.

1 dari 6 halaman

Madu

Madu dalam berbagai bentuk olahan bisa berdampak buruk bagi anak di bawah satu tahun. Madu mengandung spora botulism yang juga bisa menjadi racun yang masih belum mampu dilawan oleh bayi. Ketika mengonsumsi madu, bayi bisa mengalami otot yang melemah, kurang kuat dalam makan atau minum, tangisan lemah, konstipasi, dan bahkan paralisis.

2 dari 6 halaman

Susu Sapi

Bayi di bawah usia satu tahun tidak dapat mencerna enzim dan protein pada susu sapi. Sejumlah mineral yang ada di susu sapi juga bisa mencederai ginjal bayi.

3 dari 6 halaman

Putih Telur

Telur terutama bagian putih merupakan makanan yang sebaiknya dihindari utnuk diberikan pada bayi di bawah satu tahun. Makanan ini dapat menyebabkan reaksi alergi atau bahkan alergi di masa mendatang.

4 dari 6 halaman

Jeruk

Jeruk dan buah-buahan yang serumpun memiliki kandungan vitamin C dan asam yang tinggi sehingga tidak cocok diberikan pada bayi. Makanan ini bisa menyebabkan masalah di pencernaan serta asam lambung pada bayi.

5 dari 6 halaman

Olahan Gandum

Produk olahan gandum merupakan sebuah hal yang kamu perhatikan untuk diberikan pada bayi. Pasalnya, tanpa disadari mungkin hal ini bisa menimbulkan alergi pada buah hati.

6 dari 6 halaman

Makanan Keras

Makanan dengan tekstur keras merupakan hal yang tentu saja harus dihindari terutama pada bayi di bawah satu tahun. Makanan ini masih belum bisa dicerna oleh bayi yang tak memiliki gigi sehingga mungkin tertelan dan tertahan pada tenggorokan bayi.

Sejumlah makanan ini sebaiknya kamu hindari untuk diberikan pada buah hati ketika belum berusia satu tahun. Untuk lebih tepatnya, konsultasi dengan dokter anak mengenai makanan yang tepat bagi buah hati. [RWP]

Baca juga:
Penggunaan Sarung Tangan pada Bayi Sebenarnya Tidak Perlu Dilakukan
Memijat Bayi Bisa Miliki Manfaat Luar Biasa bagi Anak dan Orangtua

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini