6 Makanan dan Minuman yang Bisa Menyebabkan Bau Badan dan Mulut

Rabu, 30 Januari 2019 00:23 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Makanan dan Minuman yang Bisa Menyebabkan Bau Badan dan Mulut Ilustrasi bau mulut. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/CREATISTA

Merdeka.com - Bau mulut yang muncul dari diri kamu bisa menyebabkan sejumlah masalah terutama ketika berkomunikasi dengan orang lain. Masalah bau mulut ini dapat muncul karena masalah seperti gigi berlubang atau konsumsi makanan tertentu.

Terdapat berbagai makanan yang bisa menyebabkan sejumlah masalah dan menimbulkan bau pada mulut kamu. Dilansir dari Mag for Women, berikut enam jenis makanan yang dapat menimbulkan bau mulut pada kamu.

Daging merah

Daging merah dapat menyebabkan timbulnya bau mulut bahkan bau badan. Pasalnya, daging termasuk makanan yang sulit dicerna dan cenderung mengeluarkan gas berbau tidak enak dalam tubuh. Ketika berkeringat, aroma yang dikeluarkan juga berubah jadi bau.

Bawang putih

Makanan dengan aroma yang sangat kuat, seperti bumbu dapur, bawang bombai, dan bawang putih dapat membuat bau mulut dan bau badan menjadi tidak sedap. Bau bahkan bisa tertinggal selama beberapa jam sampai beberapa hari.

Makanan berserat

Makanan yang tinggi atau rendah serat sama-sama membuat tubuh mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Pasalnya, makanan berserat mengandung metana, karbon dioksida dan hidrogen yang bersifat menghasilkan gas ketika dicerna.

Alkohol

Konsumsi alkohol juga dapat membuat aroma tubuh menjadi tidak sedap. Alkohol dapat menghambat fungsi tubuh dalam memproduksi keringat sehat.

Junk food

Makanan olahan menjadi salah satu penyebab bau mulut dan bau badan yang tidak sedap. Pasalnya, kandungan lemak di dalam junk food membuat pencernaan bekerja keras ketika mengolahnya.

Produk susu

Susu memang menyehatkan, namun konsumsi berlebihan dari produk susu ternyata kurang baik bagi aroma mulut dan tubuh. Untuk meminimalisir efeknya, segera konsumsi air putih setelah minum susu atau makan keju.

Enam hal tersebut merupakan bahan makanan yang dapat menimbulkan bau mulut dan bahkan bau badan. Sebisa mungkin kurangi konsumsi dari sejumlah makanan dan minuman tersebut jika kamu merasa memiliki bau mulut dan badan. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini