6 Cara Ampuh Hindari Kolesterol Meningkat Kala Lebaran Tiba

Kamis, 6 Juni 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Cara Ampuh Hindari Kolesterol Meningkat Kala Lebaran Tiba ilustrasi kolesterol. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Salah satu masalah yang dialami pada saat lebaran tiba adalah meningkatnya kolesterol pada tubuh. Masalah ini terutama dialami karena banyaknya santan, daging, serta kudapan tak sehat lain yang kamu konsumsi.

kolesterol merupakan semacam lemak yang memberi energi pada sel. Salah satu fungsinya adalah membentuk hormon yang diperlukan tubuh. Sayangnya kebanyakan kolesterol justru bisa memicu munculnya penyakit kardiovaskular.

Masalah kolesterol yang terjadi ini bisa kamu cegah dengan melakukan sejumlah tindakan. Dilansir dari Health Me Up, berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengendalikan kolesterol.

Berhenti Merokok

Merokok membuat kadar kolesterol baik dalam tubuh menurun sementara kolesterol jahat meningkat. Jika kamu memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya berhenti agar kolesterol lebih stabil.

Rutin Berolahraga

Berolahraga merupakan kunci untuk mencegah dan mengurangi kolesterol tinggi pada tubuh. Melakukan aktivitas fisik selama 40-60 menit secara rutin ampuh menjauhkan diri kamu dari kolesterol.

Hindari Lemak Jenuh

Makanan berlemak jenuh membuat kolesterol jahat meningkat drastis. Biasanya makanan seperti ini ditemukan dalam lemak daging, kuning telur, dan makanan kering. Batasi asupan lemak jenuh 20 gram saja dalam sehari untuk mencegah kolesterol meningkat.

Menjaga Berat Badan

Berat badan berlebihan juga berhubungan dengan kolesterol. Pada awalnya, lemak yang terlalu banyak menganggu produksi hormon insulin. Hal itulah yang kemudian memicu kolesterol tinggi dan penyakit diabetes.

Makan Banyak Bayam

Bayam bisa menjadi pilihan sayuran yang membantu mengatasi masalah kolesterol tinggi. Bayam mengandung 13 komposisi flavonoid yang menjauhkan tubuh dari kanker, penyakit jantung, dan osteoporosis.

Makan Ikan

Ikan dengan asam lemak omega-3 juga disarankan untuk dikonsumsi agar kolesterol lebih terkendali. Jadi, jangan malas makan ikan setidaknya dua kali seminggu agar terhindar dari kolesterol tinggi.

Sejumlah cara itu bisa kamu lakukan untuk menekan tingginya kolesterol terutama setelah lebaran. Gaya hidup sehat ini juga sebaiknya kamu terapkan sepanjang waktu untuk menekan potensi masalah yang mungkin muncul. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini