5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mengatasi Tubuh yang Kebanyakan Garam

Selasa, 3 Desember 2019 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mengatasi Tubuh yang Kebanyakan Garam Ilustrasi garam meja. © Thinkstock

Merdeka.com - Pilihan makanan yang kita miliki saat ini menyebabkan munculnya sejumlah makanan dengan kandungan tertentu yang sangat tinggi. Salah satu kandungan makanan yang rentan kita konsumsi secara berlebihan adalah garam.

Makanan tinggi garam ini rentan kita dapat dari sejumlah hal seperti makanan cepat saji. Kandungan tinggi garam ini juga rentan kita dapat dari berbagai makanan yang kita peroleh sehari-hari.

Konsumsi makanan tinggi garam ini rentan membuat kamu merasa kembung. Hal ini terjadi karena tingginya kandungan natrium dalam tubuh yang berasal dari penumpukan cairan. Hal itu akan meningkatkan volume darah dan berakibat pada hati yang bekerja lebih keras.

Terdapat sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi tubuhmu yang kebanyakan garam. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi tubuhmu yang kebanyakan garam.

1 dari 5 halaman

Minum Banyak Air

Minum air bisa menjadi cara untuk membantu mengeluarkan garam berlebih yang masuk ke dalam tubuh. Ketika banyak minum, maka akan banyak juga air yang keluar dari tubuh dan membawa serta kelebihan garam yang ada.

Ketika kamu mengonsumsi terlalu banyak sodium, maka kamu bisa mengalami dehidrasi. Dengan mengonsumsi air dalam jumlah banyak, maka cara ini bisa membantu mengatasi masalah yang kamu alami.

2 dari 5 halaman

Konsumsi Makanan Kaya Kalium

Kalium membantu menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh. Konsumsi garam menyebabkan tubuh kita menyimpan air secara berlebih. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi kalium yang terdapat pada pisang, wortel, bayam, atau kismis.

3 dari 5 halaman

Kengonsumsi Makanan Diuretik Alami

Konsumsi makanan dan minuman yang bertindak sebagai diuretik alami akan membantu tubuh mendorong pengurangan kandungan garam berlebih dan air. Diuretik adalah istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan kondisi, sifat atau penyebab naiknya laju urinasi. Untuk memperoleh manfaat ini kamu bisa mengonsumsi kubis dan jus cranberry.

4 dari 5 halaman

Angkat kaki

Kaki merupakan tempat yang mungkin mengalami pembengkakkan usai munculnya rasa tak nyaman di perut akibat garam. Hal ini bisa menyebabkan kaki dan pergelangan menjadi bengkak.

Untuk mengatasinya kamu bisa menganggkat kaki dalam posisi yang lebih tinggi. Topang kaki kamu dengan bantal selama 30 menit selama tiga atau empat kali sehari untuk mengurangi pembengkakan.

5 dari 5 halaman

Makanan Kaya Vitamin B dan D

Makan makanan yang kaya demham vitamin B-6, B-5, dan D serta kalsium dapat mengurangi kembung pada kasus ringan retensi air. Beras merah dan daging merah adalah makanan yang banyak mengandung vitamin B-5. Susu rendah lemak adalah kandungan terbaik untuk vitamin B-6 dan D, serta kalsium.

Konsumsi makanan yang mengandung garam memang penting untuk keseimbangan kesehatan dalam tubuh. Namun, mengonsumsinya terlalu banyak setiap hari justru bisa membuat tubuhmu mengalami masalah. [RWP]

Baca juga:
Sejumlah Minuman Ajaib yang Bisa Bantuk Redakan Rasa Nyeri di Sekujur Tubuh
Begini Tips dari Dokter Hewan untuk Bedakan Daging Ayam Segar dan Tiren
Ini Alasan Mengapa Berbahaya untuk Konsumsi Daging Ayam Tiren

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini