4 Masalah Kesehatan yang Bisa Kamu Alami ketika Tidak Ganti Baju Setiap Hari

Rabu, 19 Januari 2022 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
4 Masalah Kesehatan yang Bisa Kamu Alami ketika Tidak Ganti Baju Setiap Hari Ilustrasi bau badan. ©iStock

Merdeka.com - Mengganti baju merupakan hal yang harus kita lakukan sama rutinnya seperti mandi. Penting untuk melakukannya setiap hari atau bahkan jika mungkin lebih dari sekali dalam satu hari.

Berganti baju ini terutama semakin penting pada kita yang tinggal di daerah tropis dan kerap berkeringat ini. Keringat dan bakteri sangat mungkin menempel pada baju yang kita pakai.

Pada baju yang kita gunakan, walau kadang tidak ada aroma yang muncul, namun bakteri masih mungkin menempel. Malas mengganti baju setiap hari bisa memunculkan dampak tak diinginkan pada kondisi kita.

Walau terkesan remeh, namun terdapat alasan kuat mengapa kita harus mengganti baju secara rutin. Dilansir dari Brightside, ini sejumlah masalah kesehatan yang mungkin kita alami ketika menggunakan baju yang sama untuk lebih dari dua hari.

2 dari 3 halaman

Munculnya Jerawat dan Bau Badan Tak Sedap

1. Munculnya Jerawat di Badan

Malas ganti baju ini bisa memicu munculnya jerawat yang mengganggu dan menyakitkan di punggung atau dada. Baju yang kotor atau telah digunakan biasanya memiliki banyak keringat dan bakteri yang menempel.

Menggunakan baju yang sebelumnya telah dipakai bisa mentransfer bakteri dari pakaian ke badan dan menyebabkan pori-pori tersumbat. Kombinasi keringat dengan sel kulit mati bisa menyebabkan iritasi dan menimbulkan jerawat.

2. Bau Badan Tak Sedap

Salah satu hal yang paling mungkin kita alami ketika malas berganti baju adalah munculnya bau badan tak sedap. Munculnya kuman dan bakteri yang menempel di tubuh akibat keringat yang berpadu dengan pakaian bisa menimbulkan bau tak sedap pada badan ini.

3 dari 3 halaman

Berpindahnya Kuman dari Orang Lain dan Munculnya Ruam

3. Terpapar Kuman Orang Lain

Berkembangnya kuman dan bakteri milik kita akibat pakaian memang merupakan hal yang pasti jika tidak berganti pakaian. Namun, kondisi ini ternyata juga bisa menyebabkan kita terpapar kuman milik orang lain. Hal ini bisa terjadi ketika kamu menggunakan pakaian tersebut di keramaian atau pada saat menemui orang lain.

4. Timbulkan Munculnya Ruam

Tidak berganti baju juga bisa menyebabkan munculnya masalah kulit berupa ruam. Hal ini bisa terjadi akibat gesekan kulit dengan pakaian yang menyebabkan munculnya iritasi.

Sejumlah masalah tersebut rentan muncul ketika kamu tidak mengganti baju secara rutin setiap hari. Pastikan tidak memakai baju yang sama selama dua hari berturut-turut untuk mencegah munculnya masalah kesehatan. [RWP]

Baca juga:
Salah Berjemur Bisa Sebabkan Kulit Kusam, Ketahui Cara Tepat Melakukannya
Bukan Mau Dapat Uang, Ini Penyebab Sebenarnya Mengapa Jari Terasa Gatal
Ketahui Perbedaan antara Sunscreem dan Sunblock, Cegah Salah saat Memilih

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini