4 Cara menjaga makanan agar tetap higienis

Selasa, 30 Juni 2015 17:32 Reporter : Destriyana
4 Cara menjaga makanan agar tetap higienis ilustrasi mencuci stroberi. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Studi terbaru menunjukkan bahwa dapur menjadi tempat paling berkuman di rumah. Kuman seperti E. coli, salmonella dan campylobacter dapat Anda temukan di dapur dan tangan Anda, makanan mentah atau terbawa oleh hewan peliharaan. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga makanan agar tetap higienis.

1. Mencuci tangan

Tangan adalah salah sumber kuman. Jadi sangat penting untuk mencuci tangan secara menyeluruh dengan sabun dan air hangat sebelum memasak, setelah menyentuh sampah, pergi ke toilet, dan sebelum dan sesudah menyentuh makanan mentah.

2. Memasak pada suhu yang tepat

Memasak makanan pada suhu yang tepat akan membantu membunuh bakteri berbahaya yang menempel pada makanan.

3. Mencuci buah dan sayuran

Sangat dianjurkan untuk mencuci buah dan sayuran dengan air dingin sebelum Anda memakan mereka. Hal ini membantu untuk menghilangkan kotoran atau kuman yang mungkin menempel di permukaan makanan.

4. Membersihkan permukaan dapur dan talenan

Cuci permukaan dapur dan talenan Anda sebelum dan setelah memasak, karena mereka dapat menjadi sumber kuman. Talenan bahkan dikatakan memiliki bakteri 200% lebih banyak daripada dudukan toilet.

Inilah beberapa cara menjaga makanan agar tetap higienis. Pastikan bahwa makanan yang Anda konsumsi selalu terjaga kebersihannya, karena makanan yang terkontaminasi bakteri bisa menyebabkan keracunan. [des]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini