KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

10 Cara asyik cegah kantuk saat bekerja

Minggu, 7 Juli 2013 22:05 Reporter : Rizqi Adnamazida
Ilustrasi mengantuk. ©Shutterstock/Dan Bannister

Merdeka.com - Berapa kali Anda menguap saat bekerja hari ini? Selain mengandalkan kopi, ternyata ada beberapa cara untuk mencegah kantuk saat bekerja. Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari iDiva berikut ini.

Minum air putih
Dehidrasi adalah salah satu penyebab kantuk dan lelah saat bekerja. Jadi selama berada di kantor, tetaplah rajin minum air putih sepanjang hari.

Bernapas dalam-dalam
Bernapas dalam-dalam bukan cuma memberi asupan oksigen secara maksimal pada tubuh, tetapi juga membuat pikiran lebih tenang dan membuat Anda lebih fokus saat bekerja.

Mendengarkan musik jazz
Dengarkan beberapa musik jazz ketika bekerja. Melodi dari musik tersebut bukan cuma nyaman didengarkan, tetapi juga ampuh mencegah kantuk saat bekerja.

Ngemil buah-buahan
Buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral. Buah juga memberikan asupan energi yang maksimal. Jadi cobalah ngemil buah-buahan demi menjaga kesegaran tubuh dan pikiran.

Minum teh herbal
Jika banyak orang mengandalkan kopi agar tetap terjaga, sebenarnya teh herbal juga memberikan khasiat serupa. Kabar baiknya, teh herbal lebih ringan efeknya daripada kopi.

Menghirup udara segar
Hiruk pikuk suasana di dalam kantor membuat pikiran menjadi jenuh. Cobalah keluar sebentar untuk menghirup udara segar. Jalan-jalan sambil bernapas dalam-dalam bisa menyegarkan pikiran.

Naik turun tangga
Meningkatkan kecepatan detak jantung adalah cara asyik lain untuk mencegah kantuk saat bekerja. Jadi sebaiknya Anda naik turun tangga agar jantung berdetak lebih cepat.

Menurunkan suhu AC
Tidak banyak orang yang tahu tentang trik yang satu ini. Lain kali ketika mengantuk, coba turunkan suhu AC sampai yang paling dingin. Kedinginan akan membuat Anda lebih terjaga.

Temukan sebabnya
Jika penyebab Anda sering merasa mengantuk saat bekerja adalah karena kurang tidur di malam hari, mulai sekarang hentikan kebiasaan begadang.

Optimis
Terkadang bosan di tempat kerja bisa membuat Anda mengantuk. Jadi daripada menjalani aktivitas yang itu-itu saja ketika berada di kantor, ubah pandangan dan sikap menjadi lebih optimis. Perilaku positif akan membuat Anda lebih aktif saat bekerja.

Itulah berbagai cara asyik mencegah kantuk saat bekerja. Anda sendiri, kalau mengantuk biasanya berbuat apa?

Baca juga:
10 Hal ini bisa mengganggu kinerja di kantor
Ungkap rahasia jadi karyawan produktif dan kreatif!
Gangguan bisa membantu memilih keputusan yang tepat
10 Hal yang bisa bikin karyawan dipecat
5 Pertanyaan ini bantu Anda tentukan karir yang tepat [riz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.