MERDEKA.COM » REPORTER » SULAEMAN
1439 berita dan foto

    Pemerintah terus berupaya memacu pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dalam rangka akselerasi pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19. Salah satunya dengan membentuk Gerakan Nasional Wakaf Tunai (GNWT) untuk memperluas partisipasi masyarakat dalam mengumpulkan dana sosial.

    Sri Mulyani Indrawati meminta partisipasi aktif Direktorat Jenderal Bea dan Cukai di berbagai kantor wilayah untuk mendorong potensi ekspor di daerah, termasuk produk halal. Mengingat fungsi utama DJBC bukan hanya menjalankan revenue collector atau memungut bea masuk dan bea keluar serta cukai secara maksimal.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencatat, total nilai ekspor makanan halal Indonesia sudah menembus USD 229 juta dari 10 komoditas olahan. Menurutnya, capaian positif itu masih bisa ditingkatkan dengan berbagai insentif oleh pemerintah.

    Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyambut baik atas rencana peningkatan daya saing ekonomi syariah Indonesia di kancah internasional. Menurutnya, ada delapan strategi yang telah dipersiapkan oleh Kementerian Perdagangan dalam upaya peningkatan ekspor produk halal.

    Kementerian Keuangan tengah menyiapkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) mengenai kebijakan tarif nol rupiah untuk sertifikasi halal bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Cipta Kerja.

    Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengeluhkan atas kemampuan daya saing industri makanan dan minuman (mamin) halal Indonesia yang masih tertinggal dengan negara non muslim. Padahal industri halal dalam negeri dinilai mempunyai potensi besar untuk menjadi pemain utama dalam aneka produk halal global.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, pemerintah telah berikhtiar sekuat tenaga untuk mengurangi dampak negatif pandemi virus corona terhadap perekonomian nasional. Pemerintah disebutnya akan memainkan berbagai instrumen kebijakan guna menanggulangi penurunan outlook akibat Covid-19 ini.

    Pemerintah berkomitmen menjadikan industri keuangan syariah sebagai pertumbuhan ekonomi nasional baru. Menyusul Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar dunia, yakni sebesar 87 persen dari total populasinya harus menjadi pelopor industri keuangan syariah dunia.

    Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto meminta, agar masyarakat kooperatif untuk menerapkan protokol kesehatan, khususnya 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) untuk mencegah kasus baru positif Corona saat libur panjang.

    Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dan PT Angkasa Pura I serta PT Angkasa Pura II, melaksanakan Penandatanganan Nota Kesepahaman.

    Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo optimistis investasi di sektor kelautan dan perikanan kian menggeliat seiring terbitnya Undang-Undang Cipta Kerja. Menurutnya, baleid yang disahkan DPR pada 5 Oktober lalu itu mempermudah perizinan yang selama ini menjadi penghambat pelaku usaha berinvestasi.

    Rupiah ditutup stagnan di level Rp14.660 per USD, sama seperti posisi pada perdagangan sebelumnya. Namun demikian, Rupiah sempat melemah sebesar 45 point pada sesi pagi hari ini.

    Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyambut baik pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja oleh DPR RI pada 5 Oktober lalu. Dia pun optimis adanya UU anyar ini akan meningkatkan serapan tenaga kerja pada tahun 2021 dalam jumlah besar di sektor investasi.

    Bahlil merinci, ada sebanyak lima sektor utama yang menjadi penopang kenaikan nilai investasi pada kuartal III ini. Pertama, ialah sektor transportasi, gudang, dan telekomunikasi sebanyak Rp32,1 triliun.

    Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, perolehan investasi pada kuartal III tahun ini tidak hanya positif dari sisi nilai, namun juga positif dari penyebarannya. Alhasil investasi menjadi menjadi lebih berkualitas.

    Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyoroti rendahnya realisasi investasi Jepang pada kuartal III tahun ini. Tercatat nilai investasi Jepang baru mencapai USD 0,9 miliar jauh di bawah Singapura dan China.

    Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi sepanjang kuartal III-2020 mencapai Rp209 triliun, atau naik sebanyak 8,9 persen secara Quarter over Quarter (QoQ). Sementara, jika dibandingkan secara Year on Year (yoy) naik sebanyak 1,6 persen.

    Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengatakan, bahwa pengiriman kandidat vaksin dan pelaksanaan vaksinasi tergantung dari hasil uji klinis yang dilakukan masing-masing produsen vaksin.

    Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mendukung penuh tumbuhnya pabrik gula baru PT PAG Bombana guna memenuhi kebutuhan pasar domestik yang semakin meningkat, baik itu untuk konsumsi langsung maupun sebagai bahan baku industri makanan dan minuman.

    Sri Mulyani mengatakan, apabila pondasi ekonomi Indonesia kokoh maka akan berdampak langsung pada peningkatan produktivitas kerja. Alhasil daya saing SDM domestik menjadi kian kompetitif.

 1  2  3  4  5  6  7    >>|