MERDEKA.COM » REPORTER » ANGGUN P SITUMORANG
3846 berita dan foto

    Karyawan dan pekerja di lingkungan pembangkit Cirebon Power turut melaksanakan upacara HUT Ke-74 Kemerdekaan RI. Tak hanya itu, upacara peringatan detik-detik proklamasi juga diikuti sejumlah karyawan ekspatriat.

    Holding Industri Pertambangan (HIP), BUMN yang menaungi 5 (lima) perusahaan industri tambang di Indonesia, PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM), dan PT Timah Tbk, secara resmi meluncurkan identitas baru hari ini, Sabtu (17/8).

    Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan penggunaan kode respon cepat (Quick Response Code/QR Code) uang elektronik ke depannya akan dapat secara masif digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti membeli makanan, minuman, hingga transportasi.

    PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bersama Unicef dan Pemerintah Kabupaten Supiori menggelar program Literasi Kelas Awal (Early Grade Literacy). Program ini dihadirkan tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional 2019.

    Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) turun Rp 7.000 pada perdagangan hari ini, Jumat (17/8) menjadi Rp 759.000 per gram, dari perdagangan kemarin di Rp 766.000 per gram. Emas dijual mulai ukuran 0,5 gram hingga 1.000 gram.

    Dirjen Anggaran Kemenkeu Askolani mengatakan, anggaran gaji ASN tahun depan tak ada perubahan. Yaitu sebesar Rp 368,6 triliun.

    Sri Mulyani mengatakan, tahun depan akan ada peningkatan kualitas SDM melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah. Sementara untuk peningkatan produktivitas pemerintah akan menyediakan kartu pra kerja bagi pencari kerja.

    Secara keseluruhan, penerimaan perpajakan pada 2020 ditargetkan sebesar Rp 1.861,8 triliun. Angka tersebut naik jika dibandingkan outlook APBN 2019 sebesar Rp 1.643,1 triliun.

    Tahun depan, pemerintah menganggarkan setiap desa akan menerima dana desa sebesar Rp 960 juta per desa. Angka tersebut naik dari sebelumnya tahun ini hanya sebesar Rp 933,9 juta per desa.

    Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani mengatakan, anggaran gaji ASN tahun depan sama seperti seperti tahun ini yaitu sebesar Rp 368,6 triliun. Meski demikian akan ada penyesuaian kenaikan gaji untuk ASN yang mengalami kenaikan jabatan.

    Pemerintah Jokowi-JK memangkas subsidi energi pada 2020 sebesar Rp 137,5 triliun terdiri dari subsidi listrik sebesar Rp 62,2 triliun dan subsidi BBM sebesar Rp 75,3 triliun. Angka subsidi energi ini turun jika dibandingkan dengan 2019 sebesar Rp 142,6 triliun.

    Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, arah kebijakan pembiayaan utang akan dilakukan secara hati-hati. Pemerintah akan mempertahankan utang dalam batas aman berkisar 29,4 sampai 30 persen terhadap PDB untuk mendukung kesinambungan fiskal.

    Perencana Keuangan Agustina Fitria menyarankan, masyarakat tidak menggunakan utang kartu kredit dalam memanfaatkan promo kemerdekaan yang digelar oleh berbagai merchant barang konsumsi. Menurutnya, memakai kartu kredit untuk belanja konsumsi hanya akan memberatkan tagihan kartu kredit.

    Pemerintah akan melakukan uji coba motor listrik di Jakarta dan Bali. Hal tersebut menyusul setelah terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) berbasis baterai Untuk Transportasi Jalan.

    Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, harga mobil listrik akan lebih murah setelah terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program KBL berbasis baterai Untuk Transportasi Jalan.

    Kementerian Perdagangan akan menyelidiki penyebab Indonesia kebanjiran produk China sepanjang Juli 2019. Untuk diketahui Indonesia diserbu produk China senilai USD 1,5 miliar, produk paling besar di antaranya adalah laptop dan PC.

    Secara kumulatif dari Januari hingga Juli impor Indonesia dari China mencapai USD 24,73 miliar. Angka tersebut hampir 30 persen dari seluruh impor yang masuk dari berbagai negara.

    Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai impor Indonesia pada Juli 2019 mencapai USD 15,51 miliar atau naik 34,96 persen dibanding Juni 2019. Meski demikian, jika dibandingkan Juli 2018 impor periode ini masih turun sebesar 15,21 persen.

    Suhariyanto mengatakan, sepanjang Januari hingga Juli neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit sebesar USD 1,9 miliar. Sementara jika dibandingkan tahun lalu defisit menurun karena tahun lalu defisit neraca perdagangan Indonesia lebih besar sekitar USD 3,2 miliar.

    Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekspor Indonesia pada Juli 2019 mencapai USD 15,45 miliar. Nilai ekspor tersebut naik sebesar 31,02 persen dibandingkan Juni 2019 namun turun sekitar 5,12 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sektor nonmigas menyumbang sekitar USD 13,84 miliar.

 1  2  3  4  5  6  7    >>|