MERDEKA.COM » REPORTER » ANGGUN P SITUMORANG
210 berita dan foto

    Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis realisasi impor Indonesia secara akumulatif dari Januari hingga November 2018 mencapai USD 173,32 miliar. Angka ini mengalami kenaikan cukup signifikan sebesar 22,18 persen apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

    Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, impor sayuran Indonesia mengalami peningkatan nilai sebesar USD 57 juta jika dibandingkan bulan sebelumnya. Pada Oktober impor sayuran sebesar USD 40 juta, sementara November USD 97 juta.

    Kepala BPS Suhariyanto meminta pemerintah lebih gencar menggenjot ekspor dan mengendalikan impor. Sebab, secara kumulatif defisit perdagangan Indonesia telah mencapai USD 7,25 miliar.

    Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor Indonesia pada November turun 6,69 persen menjadi USD 14,43 miliar dibandingkan dengan Oktober 2018. Ekspor pada Oktober 2018 tercatat sebesar USD 15,23 miliar.

    Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit sebesar USD 2,05 miliar pada November 2018. Dengan demikian sejak awal tahun hingga November, Indonesia defisit sebesar 7,52 miliar.

    Putra Pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka membagikan tips sukses berbisnis bagi anak muda masa kini. Gibran mengatakan, untuk memulai suatu bisnis harus dimulai dari nol. Tips selanjutnya adalah harus memulai bisnis di usia semuda mungkin.

    Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, berharap masyarakat Indonesia tak lagi memiliki cita-cita menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dia mengajak, masyarakat untuk menjadi pengusaha. Saat ini semakin banyak upaya yang dilakukan pemerintah mendukung masyarakat menjadi pengusaha.

    PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) menggelar Sampoerna Entrepreneurship Training Centre (SETC) Expo 2018 di Denpasar, Bali. Gelaran yang memasuki tahun ke-10 ini mengangkat tema New Era Entrepreneurship untuk memfasilitasi pelaku UKM dalam menghadapi berbagai peluang dan tantangan di era teknologi digital.

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengakui bahwa realisasi APBN tahun ini memang sangat bagus. Hal ini didorong penerimaan yang relatif baik, baik dari pajak dan non-pajak.

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan ada beberapa pekerjaan rumah yang masih dikerjakan menjelang akhir tahun 2018. Salah satunya pembahasan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Percepatan Penyelesaian Tanah Dalam Kawasan Hutan (PPTKH).

    Forbes baru saja merilis daftar 50 orang terkaya di Tanah Air sepanjang 2018. Kekayaan bersih 50 orang terkaya ini, mencetak rekor baru dengan total nilai USD 129 miliar atau setara Rp 1.870 triliun, naik USD 3 miliar dibanding tahun lalu.

    Salah satu orang terkaya di dunia seperti Bill Gates tidak menjadi sarjana untuk memiliki kekayaan melimpah. Namun, Bill Gates memiliki kreativitas mengembangkan ide-ide yang tidak dimiliki orang lain sehingga menghasilkan suatu produk yang dibutuhkan pasar.

    "Mengapa meskipun sudah jadi kebutuhan dan keinginan, Indonesia belum bisa menjadi negara industri sesungguhnya? Pertama begitu menariknya yang namanya SDA terutama pertambangan dengan bahan tambangnya luar biasa. Variasinya cukup banyak dan beberapa termasuk terbesar di dunia."

    Diketahui, Rupiah melemah terhadap mata uang Paman Sam tersebut sebesar 5 persen. Selain pelemahan nilai tukar Rupiah, kekayaan miliuner Indonesia juga tergerus dengan harga saham yang semakin lesu.

    Forbes Indonesia merilis rich list atau daftar 50 orang terkaya Indonesia sepanjang 2018. Bersamaan dengan adanya daftar baru ini, Forbes juga mencatat sebanyak 5 orang keluar dari daftar 50 orang terkaya Indonesia. Salah satunya adalah Purnomo Prawiro.

    Forbes telah merilis daftar terbaru nama 50 orang terkaya Indonesia. Dari ke-50 orang tersebut, ternyata ada 4 orang pendatang baru yang berhasil mengumpulkan kekayaan karena kenaikan harga saham yang dimiliki. Adapun keempat miliarder baru tersebut, pertama Danny Nugroho menempati urutan ke-38.

    Adapun daftar sepuluh orang terkaya di Indonesia versi Forbes, pertama ditempati oleh R. Budi and Michael Hartono dengan total kekayaan USD 35 miliar. Kedua, ditempati oleh Susilo Wonowidjojo dengan kekayaan USD 9,2 miliar. Ketiga ditempati oleh Eka Tjipta Widjaja dengan kekayaan USD 8,6 miliar.

    Forbes Indonesia mencatat aset bersih 50 orang terkaya Indonesia tahun ini mencetak rekor baru dengan total nilai USD 129 miliar atau setara Rp 1.870 triliun (Rp 14.501 per USD). Angka ini nyaris menyamai penerimaan Indonesia yang saat ini tercatat sudah mencapai Rp 1.936 triliun.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani menghadiri Kongres Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) XIII sekaligus perayaan ulang tahun ke-61. Dalam kesempatan tersebut, dia menyampaikan beberapa tantangan yang akan dihadapi oleh akuntan di era peningkatan teknologi yang semakin maju.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghadiri kongres XII Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Dalam kesempatan tersebut, Menteri Sri Mulyani tak lupa mengajak seluruh peserta kongres yang terdiri dari akuntan untuk terus memberikan sumbangsih bagi pembangunan Indonesia yang lebih baik.

 1  2  3  4  5  6  7    >>|