Tak Punya Anggota DPR dari Aceh dan Sumbar, PDIP akan Gunakan Pendekatan Baru

Senin, 9 September 2019 03:21 Reporter : Merdeka
Tak Punya Anggota DPR dari Aceh dan Sumbar, PDIP akan Gunakan Pendekatan Baru Hasto Kristiyanto. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Aceh dan Sumatera Barat menjadi dua wilayah yang gagal meloloskan anggota DPR dari PDIP pada pemilu legislatif 2019 lalu. Target tiap daerah pemilihan minimal satu anggota DPR dicanangkan PDIP untuk pemilu 2024. Pendekatan berbeda akan dilakukan PDIP untuk memenuhi target itu.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya bisa melihat dinamika masa lalu sehingga tidak begitu kuat di beberapa wilayah Aceh dan Sumatera Barat. Di pemilu 2019 lalu, tak ada satupun anggota dewan perwakilan PDI Perjuangan dari wilayah itu.

Untuk itu, partainya merasa perlu melakukan pendekatan baru, dengan melakukan langkah konsolidasi sesuai dengan perintah kongres V PDI Perjuangan yang lalu. Sebagai Sekjen, dirinya juga menjalankan arahan dari Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri.

"Kita akan terus belajar dari kesalahan. Bagaimana membangun hubungan yang baik dengan masyarakat, sehingga diberikan kepercayaan yang penuh oleh seluruh daerah di Indonesia," kata Hasto, dalam pembekalan anggota DPD dan DPC PDIP se-Provinsi Aceh, di Banda Aceh, Minggu (8/9).

Di dalam target pemilu ke depan, kata Hasto, pihaknya ingin agar di setiap daerah pemilihan, sekurang-kurangnya ada satu perwakilan dari partainya.

"Dengan demikian, PDI Perjuangan sebagai penjaga Pancasila, ditinjau dalam representasi, juga tercermin di seluruh daerah pemilihan," jelas Hasto.

Khusus untuk wilayah Aceh, selain langkah konsolidasi kader, Hasto mengatakan pihaknya juga akan membangun kantor baru di tiga kabupaten.

"Kami mencanangkan membangun 3 kantor DPC, yaitu di Bireuen, di Aceh Besar, dan satunya di Aceh Tengah. Dari situ kita akan bergotong-royong. Karena kantor partai sebagai pusat pengorganisasian rakyat, itu kami kembangkan," kata Hasto.

Ketua DPD PDIP Aceh, Muslahuddin Daud, mengatakan pihaknya akan mendesain ulang kantor-kantor partai di Aceh sehingga tak ada sekat antara pengurus partai dan masyarakat. PDIP Aceh akan bekerja keras untuk menunjukkan ada guna yang bisa dirasakan oleh rakyat Aceh.

"Ketika masyarakat bagaimana merasakan bergabungnya dengan partai ini memiliki nilai lebih dari sisi kehidupan mereka, lingkungan mereka, kami yakin tahun 2024 itu meraih suara tidak sulit," kata Muslahuddin.

Dalam acara itu, hadir sejumlah pemateri dari DPP PDIP. Di antaranya adalah Ketua DPP Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Syaiful Hidayat, Ketua DPP Bidang Luar Negeri Achmad Basarah, Ketua DPP Bidang Kelautan, Perikanan dan Nelayan Rochmin Dahuri dan Wasekjen Arif Wibowo.

Selain itu ada juga anggota Balitbang DPP PDIP Rahmad Sahid, Kepala Sekretariat DPP PDIP Irvansyah dan BP Pemilu DPP PDIP Iman Sudirman.

Dalam acara pembukaan pembekalan kader PDIP ini, partai berlambang banteng moncong putih itu juga mengundang tokoh dan pimpinan partai politik setempat. Turut diundang di antaranya Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Muzakkir Manaf dan Ketua DPD I Golkar Aceh TM Nurlif.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini