Survei: Prabowo Jadi Menteri Teratas Dipilih Jadi Capres, Disusul Sandiaga

Rabu, 8 September 2021 17:44 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Survei: Prabowo Jadi Menteri Teratas Dipilih Jadi Capres, Disusul Sandiaga Debat pasangan Capres. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menempati posisi teratas terkait menteri yang dipilih jika pemilihan Presiden dilakukan hari ini. Posisi kedua ditempati Menparekraf Sandiaga Uno yang disusul Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Pertanyaan yang diajukan adalah 'jika hari ini dilaksanakan pemilihan presiden, dari nama-nama Kabinet Indonesia Maju siapa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih'.

"Prabowo tetap menempati urutan nomor satu karena kalau bicara yang maju dulu, Sandi juga pernah maju, di antara responden yang kami pilih secara random itu pasti ada pemilih Prabowo dan Sandiaga Uno sebelumnya," kata Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia Alo Rifan dalam paparan surveinya bertema Evaluasi Publik Terhadap Penanganan Pandemi dan Peta Elektoral 2024 secara virtual, Rabu (8/9).

Tingkat keterpilihan menteri tersebut adalah Prabowo Subianto di angka 15,7 persen, Sandiaga Uno 10,5 persen, Tri Rismaharini 7,1 persen, Tito Karnavian 6,8 persen, Sri Mulyani Indarwati 6,3 persen, Erick Thohir 4,4 persen dan Airlangga Hartarto 3,8 persen.

Kemudian, Mahfud MD 2,5 persen, Luhut Binsar Pandjaitan 2,2 persen, Basuki Hadimuliono 1,0 persen, Yaqut Cholil Qoumas 0,6 persen, Retno Marsudi, 0,3 persen dan Syahrul Yasin Limpo 0,1 persen.

Sementara, Abdul Muhaimin Iskandar, Muhadjir Effendy, Budi Karya Sumadi, Budi Gunadi Sadikin, Yasonna Laoly, Ida Fauziah, Zainudin Amali, Teten Masduki, Pratikno, Agus Gumiwang Kartasasmita, Sakti Wahyu Trenggono, Siti Nurbaya, Johnny G Plate, Nadiem Makarim, Sofjan Jalil, Arifin Tasfir, Gusti Ayu Bintang, Suharso Manoarfa, Tjahjo Kumolo Muhammad Lutfi dan Bahlil Lahadalia mendapat angka 0 persen.

Survei ini dilakukan secara nasional di 34 provinsi di Indonesia dengan metode penarikan sampel adalah multistage random sampling. Jumlah responden yakni 1200 dengan margin of error +/ - 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Pengambilan data survei pada 26 Agustus sampai 3 September 2021. Survei dilakukan dengan cara telesurvei yaitu responden wawancara melalui kontak telepon menggunakan kuesioner. Nomor telepon responden dalam survei ini didapat dari database survei tatap muka lembaga Arus Survei Indonesia sejak 2019 hingga 2021. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini