Soal RUU Pesantren, TKN Sebut Kebijakan Sandiaga Selalu Mengikuti Jokowi

Sabtu, 5 Januari 2019 20:25 Reporter : Hari Ariyanti
Soal RUU Pesantren, TKN Sebut Kebijakan Sandiaga Selalu Mengikuti Jokowi Abdul Kadir Karding. ©2018 Merdeka.com/Hari Ariyanti

Merdeka.com - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf menyebut Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno hanya mengikuti kebijakan Jokowi terkait RUU Pesantren. Usulan RUU itu telah lama diinisiasi DPR dan disetujui Jokowi.

Sandiaga berjanji akan mendorong DPR segera mengesahkan RUU ini jika nanti terpilih dalam Pilpres. Hal ini dijanjikan saat mengunjungi pondok pesantren di Samarinda.

"Sandi menunjukkan bahwa kebijakan-kebijakannya itu follower saja. Dia enggak punya kebijakan aslinya. Aslinya seluruh kebijakan Pak Jokowi itu lah yang diikuti oleh Sandi," kata Wakil Ketua TKN, Abdul Kadir Karding, Sabtu (5/1).

Karding mengatakan RUU ini diinisiasi oleh PKB dan PPP. Sejak draf RUU masih dibahas di DPR, Jokowi memberi respons positif. Setiap berkunjung ke pondok pesantren, Jokowi selalu menyinggung soal RUU ini seperti dalam kunjungan ke Aceh, Jombang, dan Tulungagung.

"Di beberapa kunjungan ke pesantren yang saya ikuti, Pak Jokowi senantiasa menyampaikan bahwa UU pesantren ini merupakan payung hukum bagi upaya kita meningkatkan kualitas dan daya saing santri ke depan," jelas Karding.

"Dari UU Pesantren ini lah nanti dilahirkan apa yang disebut pesantren yang sarana, prasarana dan infrastrukturnya memadai, guru-guru dan ustaz kesejahteraan terpenuhi dan juga santri-santri yang bisa belajar dengan baik," lanjutnya.

RUU Pesantren ini menurutnya sebagai langkah Jokowi untuk memperkuat SDM para santri. Santri harus memiliki kemandirian, keunggulan dan produktivitas. Dengan demikian Indonesia tak akan tertinggal dengan SDM negara maju dan memiliki daya saing.

"Pak Jokowi meyakini dengan ada payung hukum ini kemudian negara akan menuntaskan kewajibannya yang berimbang antara pendidikan umum dan pendidikan keagamaan dimana memiliki payung hukum untuk dianggarkan oleh pemerintah pusat maupun daerah. Begitu pula dengan kebijakan-kebijakan lain yang berpihak pada santri, pada pesantren, pada madrasah, dan kepada PAUD. Itu yang Pak Jokowi lakukan selama ini terhadap gagasan dan dorongan beliau terhadap RUU Pesantren," tutupnya.

Sandiaga bertemu dengan para pengasuh pondok pesantren di Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu (5/1). Dalam pertemuan itu dia berjanji jika pasangan nomor urut 02 terpilih, dia akan mendorong koalisi di DPR segera mengesahkan RUU Pesantren. Dia juga berjanji akan menjadikan pesantren sebagai salah satu kawah candradimuka untuk menciptakan wirausaha baru.

"Santri yang menciptakan lapangan kerja baru," ujarnya. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini