Sekjen Demokrat Sebut Koalisi Selesai dengan Putusan MK soal Pilpres

Jumat, 28 Juni 2019 15:48 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Sekjen Demokrat Sebut Koalisi Selesai dengan Putusan MK soal Pilpres Hinca di rumah Prabowo. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Capres 02, Prabowo Subianto, mengumpulkan pimpinan partai koalisi setelah Mahkamah Konstitusi (MK) membacakan putusan sengketa pilpres. Dalam putusannya Kamis malam, majelis hakim menolak seluruhnya dalil pemohon dalam hal ini kubu Prabowo.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca Panjaitan, menyebut ada beberapa hal akan dibahas dalam pertemuan yang digelar di kediaman Prabowo di Jl Kertanegara, Jakarta Selatan. Selain silaturahmi, juga membahas kelanjutan Koalisi Adil Makmur.

Menurutnya, Koalisi Adil dan Makmur dibentuk untuk mengusung capres-cawapres di Pilpres 2019 lalu. Dengan keluarnya putusan MK, kata Hinca, maka koalisi telah berakhir.

"Saya kira iya (bubar), koalisi 5 partai politik ini dalam rangka mengusung pasangan calon presiden," kata Hinca sebelum masuk ke kediaman Prabowo, di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (28/6).

Hinca menjelaskan, setelah hakim MK mengetuk palu tanda selesainya sidang sengketa pilpres, maka tidak ada lagi calon presiden, yang ada saat ini presiden terpilih.

"Maka koalisi untuk pasangan calon presiden itu telah berakhir," ungkap Hinca.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, berpendapat sama. Dia menyatakan Koalisi Indonesia Adil Makmur telah berakhir, usai putusan sengketa hasil Pemilu Presiden di Mahkamah Konstitusi.

"Saya tadi lama di tempat Pak Prabowo dari setengah dua sampai setengah lima, Pak Prabowo tadi menyampaikan ke saya dengan berakhir putusan MK, maka Koalisi (Adil dan Makmur) sudah berakhir," kata politisi karib disapa Zulhas usai silaturahmi di Masjid Al Munawaroh, Sentul Selatan, Jawa Barat, Kamis, lewat siaran pers diterima, Kamis (27/6) malam. [lia]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini