SBY Soroti Pemilu 2019: Pertama dalam Sejarah, Politik Identitas Melebihi Takaran

Rabu, 11 Desember 2019 20:15 Reporter : Ahda Bayhaqi
SBY Soroti Pemilu 2019: Pertama dalam Sejarah, Politik Identitas Melebihi Takaran Pidato SBY Refleksi Akhir Tahun. ©2019 Merdeka.com/Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut tahun 2019 memberikan pengalaman berharga bagi Bangsa Indonesia. Yaitu tentang Pemilu serentak 2019. SBY menyoroti gelaran pemilu yang kental nuansa politik identitas. Bahkan cenderung berlebihan.

"Yang buruk, pertama kali dalam sejarah, pemilu kita diwarnai politik identitas yang melebihi takarannya. Juga pertama kali terjadi banyak korban jiwa, baik karena kekerasan maupun bukan," ujar SBY dalam pidato renungan akhir tahun di Jakarta Convention Center, Rabu (11/12).

SBY mengatakan, beruntungnya semua pihak terpanggil untuk kembali bersatu setelah terpolarisasi saat Pemilu. Terutama saat di ambang perpecahan dan benturan fisik. Dia bersyukur semua pihak terpanggil menahan diri dan menjaga keutuhan.

"Alhamdulillah, mimpi buruk itu tidak terjadi. Kita memilih persatuan, bukan perpecahan," ujar SBY.

1 dari 1 halaman

SBY Minta Pemilu Dievaluasi

Presiden RI ke-6 ini meminta agar sistem penyelenggaraan pemilu saat ini dievaluasi. Tujuannya agar penyelenggaraan lebih baik di masa depan. Terutama untuk pemerintah, parlemen dan penyelenggara pemilu.

"Yang sudah baik kita pertahankan, yang belum baik kita perbaiki. Itulah harapan Partai Demokrat. Saya yakin itu pula harapan rakyat kita," ucapnya. [noe]

Baca juga:
SBY: Malu kepada Rakyat Kalau Saat Ini Nafsu Dapatkan Kekuasaan di 2024
SBY: Saya Ingin Pada Saatnya Rakyat Akan Tahu Siapa Itu Partai Demokrat
Kasus Annas Maamun, Demokrat Bandingkan SBY yang Tak Gunakan Grasi untuk Koruptor
SBY Akan Sampaikan Sikap Politik Malam Ini
SBY Belum Berkenan Bertemu PKS

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini