SBY: Banyak Permasalahan Terjadi dalam Pemilu 2019

Rabu, 22 Mei 2019 00:04 Reporter : Ya'cob Billiocta
SBY: Banyak Permasalahan Terjadi dalam Pemilu 2019 SBY dan Ibu Ani Nyoblos di Singapura. ©2019 Merdeka.com/Anung Anindito

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku pelaksanaan Pemilu 2019 menyisakan banyak persoalan. Meski tidak rinci menyebutkan persoalan yang dimaksud, SBY menuturkan Demokrat hingga kini tengah melakukan evaluasi.

"Sungguh demikian kami terus terang banyak permasalahan yang terjadi dalam Pemilu 2019 ini. Oleh karena itu dengan niat yang baik serta dilandasi kecintaan kami kepada demokrasi dan Pemilu yang makin baik, Partai Demokrat akan menuntaskan evaluasi menyeluruh yang saat ini tengah kami lakukan," ujar SBY dalam video yang diterima merdeka.com, Selasa (21/5).

Nantinya, hasil evaluasi Demokrat akan disampaikan kepada pemerintah dan lembaga-lembaga penyelenggara Pemilu. SBY berharap dengan evaluasi tersebut, pelaksanaan Pemilu selanjutnya di tahun 2024 bisa lebih berkualitas, demokratis, damai, jujur serta adil.

"Sehingga tercipta fair play dan rasa keadilan yang sejati bagi para peserta Pemilu," lanjutnya.

Menurut SBY, saran dari Demokrat mencakup perbaikan serta penyempurnaan sistem, Undang-Undang maupun aturan Pemilu. Termasuk juga pelaksanaan kampanye, penghitungan suara yang lebih kredibel, akuntabel dan transparan.

Dalam kesempatan tersebut, SBY memastikan Demokrat menerima hasil Pemilu Legislatif meski perolehan suara dan kursi partai berlambang bintang mercy tersebut di Parlemen menurun.

SBY juga menuturkan kemungkinan melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Hal ini berdasarkan permintaan dari para Caleg yang merasa dirugikan.

"Jika Partai Demokrat harus mewadahi permohonan para Caleg untuk melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi karena merasa dirugikan di Dapil-nya masing-masing, padahal mereka telah berjuang secara gigih dan jujur secara Undang-Undang, tidaklah menghalangi sikap kami untuk menerima hasil Pemilu 2019 ini," tutur SBY. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini