Puji NasDem, Anies Kenang Pilgub 2017: Ada Masa Kita Bersanding, Ada Masa Tak Bersama

Senin, 3 Oktober 2022 17:02 Reporter : Lydia Fransisca
Puji NasDem, Anies Kenang Pilgub 2017: Ada Masa Kita Bersanding, Ada Masa Tak Bersama NasDem deklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden. ©2022 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berterima kasih atas kesempatan yang diberikan Partai NasDem mengusungnya sebagai calon presiden 2024. Memberikan kesempatan pada dirinya sebagai 'orang luar' membuat Anies merasa terhormat.

"Itu sikap yang luar biasa bagaimana beliau (Surya Paloh) mengundang saya yang saat ini nonpartisan, yang saat ini bekerja di Jakarta, diundang untuk ikut bersama-sama di tingkat nasional," kata Anies di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10).

Anies mengenang masa-masa di Pilgub 2017 lalu. Ketika dirinya mencalon sebagai gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Sandiaga Uno yang diusung Gerindra dan PKS. Sementara NasDem kala itu mengusung pasangan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berpasangan dengan Djarot Saiful Hidayat.

"Kalau kita lihat sejarahnya, ada masa kita bersandingan, ada masa kita tidak bersama. Lewatkan itu semua, ini adalah untuk republik, ini untuk masa depan," ujar Anies.

2 dari 3 halaman

Anies mengatakan, sikap politik yang ditunjukkan NasDem hari ini, patut diteladani. Meski pernah berseberangan, tetapi kita menyatukan visi demi membangun bangsa.

"Sikap ini layak diteladani karena? Menempatkan kepentingan republik di atas kepentingan-kepentingan partisan, kepentingan-kepentingan lain. Di situ lah kekuatan Pak Surya Paloh, di situlah keteladanan, di situ kenapa kami respect sekali atas sikap itu, dan ini perlu menjadi sikap para pemimpin-pemimpin di republik ini," kata Anies.

Sebelumnya, Ketua Umum NasDem Surya Paloh mengungkapkan alasan memilih Anies Baswedan sebagai calon Presiden untuk Pilpres 2024. Menurut dia, Anies merupakan sosok terbaik sebagai calon pemimpin Indonesia mendatang.

"Kenapa Anies Baswedan? why not the best," kata Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10).

3 dari 3 halaman

Selain itu, Paloh juga mengatakan sosok Anies sejalan dengan visi misi NasDem dalam membangun bangsa Indonesia.

"Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat seorang sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami mempunyai keyakinan pikiran-pikiran dalam perspektif baik secara makro maupun mikro sejalan," ujar dia.

Menurut Paloh, Indonesia membutuhkan Presiden yang bisa membentuk bangsa yang bermartabat dan berkarakter. Paloh meyakini Anies adalah orang yang tepat mewujudkan cita-cita tersebut.

"Bangsa ini ke depan Insyaallah jika Anies Baswedan terpilih sebagai presiden menjadi bangsa bermartabat bangsa yang membentuk karakter dari bangsa ini," tandas Paloh.

Baca juga:
NasDem Deklarasi Anies Capres, Jokowi: Kita Dalam Suasana Duka
Bahlil Puji Ganjar di Depan Jokowi: Sudah Cocok Barang Ini Kelihatannya Pak
Deklarasi Anies Capres, Surya Paloh: Siap-Siap NasDem Dipuji hingga Dicap Pengkhianat
Demokrat Tetap Dorong AHY Maju di Pilpres 2024, Pertimbangkan Opsi Cawapres
Cerita Pertemuan Surya Paloh-AHY Sebelum Deklarasi Anies Baswedan Capres
Demokrat: Anies dan AHY Kalau Bertemu Seperti Dua Pendekar

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini