PSI Dukung Program 'Daycare' Jokowi

Selasa, 26 Februari 2019 23:00 Reporter : Fikri Faqih
PSI Dukung Program 'Daycare' Jokowi Jokowi. ©2018 Merdeka.com/Instagram Jokowi

Merdeka.com - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendukung penuh rencana Presiden sekaligus calon Presiden (Capres) nomor 01, Joko Widodo untuk mengembangkan program daycare atau penitipan anak. Program tersebut dinilai sebagai bentuk perhatian Jokowi kepada perempuan.

"Program tersebut sangat membantu ibu bekerja mendapatkan kesempatan bekerja lebih luas. Juga memberikan dukungan yang luar biasa besar terhadap orangtua tunggal," kata juru bicara PSI, Kokok H Dirgantoro, Selasa (26/2).

Pertumbuhan ekonomi dan volume ekonomi yang kian besar akan berdampak terhadap potensi naiknya tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan di Indonesia. Perempuan akan lebih banyak yang masuk pasar kerja.

Sementara itu, Kokok mengungkapkan, perempuan juga dituntut secara budaya untuk menjadi tiang keluarga. Banyak perempuan yang punya karir bagus akhirnya memutuskan menjadi ibu rumah tangga karena beratnya biaya penitipan anak dan atau tidak menemukan sosok yang dipercaya untuk merawat anak.

Program penitipan anak ini, menurut PSI, bukan didasari 'belas kasihan' terhadap perempuan. Melainkan lebih karena negara ini peduli dengan masa depan.

"Semoga program penitipan anak ini fokus lebih dahulu pada masyarakat berpendapatan rendah, orangtua tunggal, serta orangtua yang berpendapatan tidak tetap. Diupayakan layanannya terjangkau atau bahkan gratis," ujarnya.

PSI merekomendasikan pelatihan terlebih dahulu pada perawat anak serta fasilitas cctv untuk memonitor keamanan berikut kenyamanan anak. "Moga program ini berjalan secepatnya untuk kesejahteraan keluarga di masa depan," tutup Kokok. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini