Projo Hadir di Silatnas KIB, Sekjen PDIP Tak Khawatir Suara Pendukung Jokowi Pindah

Minggu, 5 Juni 2022 16:33 Reporter : Ahda Bayhaqi
Projo Hadir di Silatnas KIB, Sekjen PDIP Tak Khawatir Suara Pendukung Jokowi Pindah Silaturahmi Koalisi Indonesia Bersatu. Bachtiaruddin

Merdeka.com - Ketua Umum Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi hadir saat silaturahmi nasional Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Kehadirannya memberikan sinyal arah Projo di Pilpres 2024.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto tidak masalah relawan pendukung Jokowi dekat dengan salah satu koalisi yang akan mengusung calon presiden dan calon wakil presiden di 2024.

Hasto menegaskan, hanya partai politik yang dapat mengusung capres-cawapres. PDIP enggan ikut campur rumah tangga Projo.

"Projo adalah relawan kecuali dia mendeclare sebagai partai politik kalau punya keberanian," ujar Hasto di Bogor, Minggu (5/6).

2 dari 3 halaman

PDIP Tak Khawatir

PDIP tidak takut suara pendukung Jokowi pindah ke partai lain. Menurut Hasto, partai bisa mendapatkan suara bila menunjukkan kerjanya kepada rakyat.

"Ketakutan kami kalau seluruh kinerja yang ditunjukan oleh PDIP tidak diterima oleh rakyat. Oleh karena itu kami terus bergerak ke bawah supaya rakyat dan PDIP menjadi satu kesatuan," kata Hasto.

Dia menegaskan, seorang presiden juga tidak bisa berdiri hanya karena dukungan segelintir orang atau partai. Apalagi bila hanya dukungan kelompok relawan. Seorang presiden perlu dukungan yang kuat dengan kekuatan di DPR RI.

Hasto mencontohkan ketika dukungan di parlemen oleh Presiden Joko Widodo kurang dari 50 persen pada periode pertama, sulit melakukan konsolidasi pemerintahan negara.

"Kita enggak bisa ada seorang presiden yang berdiri hanya karena dukungan segelintir orang atau parpol. Kita adalah negara gotong royong, apalagi dukungan mereka yang tidak sebagai partai politik, padahal di tata kelola pemerintah memerlukan dukungan dari DPR," tegas Hasto.

3 dari 3 halaman

Kehadiran Projo di KIB

Untuk diketahui, KIB dibentuk tiga partai, yakni Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Budi Arie bukan dari internal ketiga partai itu.

Dalam silaturahmi itu, Budi Arie nampak duduk satu meja bersama Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan, Ketua Majelis Penasihat Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, serta Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie.

Dalam sesi foto, Budi Arie juga ikut bersama ketua umum partai dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar tingkat provinsi, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN dan PPP seluruh Indonesia.

Sementara itu, Ketum Projo Budi Arie belum mau bicara banyak soal siapa yang akan didukung oleh Projo di Pilpres 2024. Ia bilang, kehadiran Projo karena sebagai spesialis Pilpres.

"Ini 2024 kan Pileg pilpres serentak. Pasti partai juga ngurusin Pileg nya. Kalau kita spesialis Pilpres tenang aja," kata Budi.

Budi pun memberikan sinyal Projo dapat berubah nama di Pilpres mendatang. Soal capres, ia mengaku tidak mau buru-buru mendeklarasikan dukungan.

"Tenang itu ada waktunya. Nanti Projo ini kan biar menjemput takdir," kata Budi.

Baca juga:
Ketum Projo Hadir di Silahturahmi KIB, Airlangga: Akan Menjadi Chapter Sendiri
Ketum PPP Tegaskan KIB Tidak Ingin Terjerat Populisme
Sekjen PDIP: Jangan Baru Bergerak di Satu Provinsi, Sudah Menyebut Dirinya Pemimpin
Ketum Projo: Kalau Komunikasi Makin Mantap dengan KIB, Saya Yakin Kita Akan Bersatu
Hadiri Silatnas KIB, Ketua Relawan Projo: Soal Capres Nanti
Koalisi dengan PAN & PPP, Ketum Golkar: Kami Tetap Sahabat PDIP, NasDem dan Gerindra

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini