Prabowo Subianto Siap Jadi Capres, KIB Optimis Pilpres Bisa Tiga Poros

Selasa, 9 Agustus 2022 14:43 Reporter : Ahda Bayhaqi
Prabowo Subianto Siap Jadi Capres, KIB Optimis Pilpres Bisa Tiga Poros Prabowo dan Cak Imin daftarkan partai ke KPU. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menegaskan akan maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. Menurut Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani, bila Prabowo maju sebagai calon presiden maka terbuka peluang tiga pasang calon bertarung di Pilpres 2024.

Hal ini sesuai dengan harapan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) agar lebih dari dua calon presiden bertarung di Pemilu 2024.

"Maka kalau katakan lah nanti Gerindra berkoalisi dengan PKB kemudian kami ada KIB itu pasti akan ada satu lagi jadi itu harapan itu insyaallah akan terpenuhi," kata Arsul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (9/8).

Arsul mengatakan, sejak awal KIB mendorong Pilpres diikuti lebih dari dua pasang calon. Agar tidak terjadi pembelahan seperti dua pemilu sebelumnya.

"Karena kita sekali lagi sudah belajar dari dua pilpres terakhir kalau dua pasang calon maka pengelolaan politik identitasnya sangat sulit sekali. Keterbelahannya juga ternyata tidak bisa terselesaikan ya apa segera setelah pemilu itu selesai," ujarnya.

Sementara KIB juga menyiapkan calon presiden. Arsul mengatakan, KIB tengah mengusahakan calon presiden dari internal koalisi. Misalnya ada Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

"Apakah nanti akan dipasangkan dengan ketua umum pan atau ketua umum PPP nanti ya kita lihat," sambung Arsul.

Namun KIB perlu menghadapi realitas politik. Pasangan calon presiden yang diusung perlu dilihat tingkat elektabilitas dan acceptabilitas. Maka itu, KIB tidak tutup mata untuk mengambil tokoh dari luar koalisi.

"Kami juga tidak menutup mata atau menutup pintu sama sekali dari kemungkinan yang dari luar KIB tentunya. Saya kira seperti itu. Apakah hanya salah satu atau salah duanya. Itu saya kira hal-hal yang dari sisi realitas politik memang juga harus kita lihat," ujar Arsul.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Partai Gerindra akan menggelar Rapimnas pada 12 Agustus 2022 mendatang. Dalam acara itu, Prabowo akan mendengar aspirasi kader tentang calon presiden di Pemilu 2024.

Prabowo mengatakan, hasil rapimnas nantinya bakal menentukan langkah Gerindra dalam membangun koalisi.

"Tanggal 12 akan ada Rapimnas Gerindra, kemudian nanti kita tunggu hasil Rapimnas gimana baru nanti tanggal 13 kita insya Allah kalau lancar semua, baru akan kita adakan pertemuan," jelas Prabowo di Kantor KPU, Jakarta, Senin (8/8).

Dia mengatakan, dorongan untuk maju capres lagi adalah tugas yang suci. Namun sampai saat ini, dia belum bisa memastikan apakah bakal maju lagi atau tidak. Sebab, menunggu Rapimnas Gerindra.

Namun, Prabowo menegaskan, bakal menerima dengan baik aspirasi kader tersebut apabila memang nantinya hasil Rapimnas meminta dirinya kembali maju sebagai Capres.

"Iya kita lihat hasil Rapimnas, tapi kalau saya dapat tugas saya tanggapi itu tugas yang suci, untuk berbakti dan mengabdi pada rakyat. Saya terima dengan baik seandainya nanti benar dicalonkan," kata Prabowo. [eko]

Baca juga:
PPP Ingatkan Prabowo Maju Capres Tidak Cukup Hanya Modal Semangat
Kalah dari Segala Arah, Tantangan Berat Bagi Prabowo-Cak Imin
AHY Kumpulkan DPD Demokrat, Minta Mesin Partai Dipanaskan Hadapi Pemilu 2024
Peneliti BRIN: NasDem, Demokrat dan PKS Lebih Berpeluang Gabung KIB
Pilpres 2024, Akankah jadi Palagan Terakhir Prabowo?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini