Pilkada OKU Hanya Diikuti Satu Paslon, KPUD Optimistis Partisipasi Pemilih 79 Persen

Senin, 14 September 2020 23:49 Reporter : Irwanto
Pilkada OKU Hanya Diikuti Satu Paslon, KPUD Optimistis Partisipasi Pemilih 79 Persen Pemungutan Suara Ulang di TPS Tangsel. ©2019 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, pada Desember 2020 hanya diikuti satu pasangan calon yang berstatus petahana. Meski demikian, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat optimistis partisipasi pemilih masih tinggi.

Ketua KPUD OKU Naning Wijaya mengungkapkan, selama empat kali digelar pilkada, baru kali ini diikuti hanya satu paslon yang bakal melawan kotak kosong. Pada pilkada-pilkada sebelumnya paling tidak diikuti minimal dua paslon.

"Ini pertama kali terdapat satu calon dan melawan kotak kosong, itu pun paslon petahana," ungkap Naning, Senin (14/9).

Meski demikian, kata dia, target partisipasi pemilih dipatok masih besar, yakni 79 persen. Angka itu sangat kemungkinan tercapai dengan gencar melakukan sosialisasi sejak penetapan calon hingga hari pencoblosan.

"Kami yakin target itu tercapai karena beberapa kali digelar pilkada partisipasi pemilih di OKU cukup tinggi," ujarnya.

Dikatakannya, paslon tunggal tersebut adalah Kuryana Azis-Johan Anuar yang diusung 11 partai politik yakni PKS, PBB, PAN, Golkar, PKPI, PPP, Gerindra, Demokrat, PKB, PDIP, dan NasDem. Tidak ada paslon lain yang mendaftar hingga waktu perpanjangan pendaftaran 10-12 September 2020.

"Masyarakat diharapkan tetap antusias menghadapi pesta demokrasi dan bakal datang ke tempat pemungutan suara untuk melakukan pencoblosan," pungkasnya.

Diketahui, dari tujuh daerah di Sumsel yang menggelar pilkada, dua kabupaten di antaranya hanya terdapat paslon tunggal, yakni Kabupaten OKU dan OKU Selatan. Pilkada OKU Selatan diikuti paslon petahana yakni Popo Ali Murtopo-Sholihien Abuasir yang diusung 12 parpol, yakni PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, PKS, Perindo, PPP, PAN, Hanura, Demokrat, dan PBB. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini