KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Mahasiswa ini buat aplikasi Pilkadakita, bisa pantau visi misi calon

Minggu, 8 November 2015 13:48 Reporter : Intan Umbari Prihatin
mahasiswa gunadarma ikut lomba buat aplikasi pilkada di KPU. ©2015 Merdeka.com/intan

Merdeka.com - KPU menggelar perlombaan 'Pilkada Serentak Apps Challenge'. Perlombaan ini untuk menggaet partisipasi pemilih pemula dalam pagelaran Pilkada serentak 9 Desember nanti.

Mahasiswa dari Universitas Gunadarma salah satu yang ikut memeriahkan perlombaan tersebut. Mereka membuat aplikasi Pilkadakita, untuk melihat para calon kepala daerah yang ikut pilkada.

"Kita buat aplikasi berbasis android yaitu Pilkadakita, dia jadi di aplikasi itu bisa lihat kandidat kita setiap daerah. Terus nanti ada videonya tata cara pencoblosan kayak gimana," kata ketua kelompok dari Mahasiswa Gunadarma, Sekar (20) ketika ditemui di Gedung KPU, Jakarta, Minggu, (8/11).

Dia juga membuat aplikasi Pilkadakita untuk memberitahu kepada para pemilih pemula siapa dan bagaimana visi-misi yang kandidat kepala daerah.

"Kita juga ingin ngasih tahu sama yang baru pertama kali milih, siapa kandidat calon kepala daerahnya, visi-misinya," bebernya.

Kemudian, dalam aplikasi mereka juga terdapat video tata cara memilih yang baik saat di Tempat Pemungutan Suara (TPS). "Nanti pemilih pemula bisa tahu video yang ada di aplikasi kita, video yang ngajarin tata cara memilih yang baik saat di TPS," tandasnya.

Pilkada Serentak Apps Challenge merupakan perlombaan aplikasi hasil kerjasama KPU RI, KPU Surabaya, dan Perludem. Terdiri dari 42 tim dan 42 Aplikasi berbasis smart phone dan website.

Dari 42 Aplikasi terdiri dari 3 kategori khusus yaitu female, disability dan digitalisasi Scan C1. [rnd]

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.