KIB Santai NasDem Deklarasi Anies Capres: Yang Penting Kita Punya Tiket Lebih Dulu

Selasa, 4 Oktober 2022 17:51 Reporter : Ahda Bayhaqi
KIB Santai NasDem Deklarasi Anies Capres: Yang Penting Kita Punya Tiket Lebih Dulu Achmad Baidowi. ©dpr.go.id

Merdeka.com - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tidak mau terburu-buru mengumumkan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung. Meski NasDem sudah mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden.

KIB santai tidak terburu-buru mendeklarasikan calon presiden karena sudah lebih dahulu mengantongi tiket calon presiden. Figur tinggal dibahas bersama antar partai mitra koalisi.

"Yang penting kami sudah punya tiket untuk pilpres. Soal figur akan dibicarakan bersama," ujar Ketua DPP PPP Achmad Baidowi kepada wartawan, Selasa (4/10).

Politikus yang akrab disapa Awiek ini bilang, deklarasi Anies sebagai calon presiden merupakan hak politik NasDem.

Sementara KIB yang beranggotakan Golkar, PPP dan PAN ini tidak mendeklarasikan calon presiden dalam waktu dekat. Sebab masih ada waktu panjang sebelum pendaftaran nama calon presiden dan calon wakil presiden di KPU.

"Belum, waktu masih panjang. Kami tidak perlu buru-buru," ujar Awiek.

2 dari 2 halaman

Sementara itu, Golkar punya pandangan sama dengan PPP. Tidak akan KIB mengumumkan nama calon presiden dalam waktu dekat. Agenda terdekat KIB adalah melakukan konsolidasi bersama di Semarang pada Oktober ini.

Soal nama calon presiden, Ketua DPP Golkar Dave Laksono menegaskan Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai calon presiden tunggal dari partai berlambang beringin. Soal kabar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bergabung dengan Golkar, belum tentu akan mendapatkan posisi sebagai capres. Meski Ridwan Kamil sudah bertemu petinggi Golkar seperti politikus senior Agung Laksono.

"Ridwan Kamil sendiri sering masuk dalam bursa Capres 2024. Jika dia bergabung dengan Golkar, seperti apa posisinya? Kan Golkar sudah memiliki capres sendiri ya," kata Dave. [ded]

Baca juga:
Pencalonan Anies sebagai Capres Bakal Ubah Peta Koalisi
PPP Gelar Mukernas Bahas Capres dan Evaluasi Posisi di KIB Awal Tahun 2023
PKS Mendekati Golkar, NasDem: Koalisi Masih Bisa Goyang Dumang
PKS Mengaku Tak Minat Gabung KIB
PPP Sering Bertemu PKS Bahas Koalisi: Informal Dulu, Nanti Baru Formal

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini