Kembali ke Gerindra, Sandiaga Uno Bakal Jadi Menteri Jokowi?

Rabu, 16 Oktober 2019 05:47 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Kembali ke Gerindra, Sandiaga Uno Bakal Jadi Menteri Jokowi? Sandiaga Uno kembali ke Gerindra. ©2019 Instagram Sandiagauno

Merdeka.com - Mantan calon wakil presiden Sandiaga Uno memutuskan untuk kembali ke Partai Gerindra. Kembalinya Sandi lantaran ingin terus menjadi pejuang politik.

Dalam unggahan video di akun Instagramnya, Sandiaga menuliskan di kaos hitam Gerindra dengan keterangan 'Saya kembali'.

Juru Bicara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak membenarkan kembalinya Sandiaga ke partai berlambang burung garuda itu.

"Iya memang bang Sandi merasa Pak Prabowo adalah mentor utama politik beliau, makanya bang Sandi tidak mungkin meninggalkan Pak Prabowo dan Gerindra, pasti akan terus menjadi pejuang politik melalui Gerindra seperti selama ini diajarkan Pak Prabowo," ungkap Dahnil kepada merdeka.com.

Apakah kembalinya Sandi karena akan masuk ke kabinet Jokowi?

1 dari 4 halaman

Mundur dari Gerindra Maju Jadi Cawapres

Sandiaga Uno sebelumnya merupakan kader Partai Gerindra. Dalam partai itu, Sandi menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra. Akan tetapi dia memutuskan mundur lantaran mengikuti kontestasi Pemilihan Presiden 2019. Saat itu dia berpasangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Kala itu Prabowo mengatakan bahwa Sandi harus keluar dari Partai Gerindra agar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu bisa diterima oleh partai pendukung lain, seperti Partai Amanat Nasional dan Partai Keadilan Sejahtera. Alhasil, Sandi pun mundur dari Gerindra dan mendampingi Prabowo di Pilpres 2019 sebagai cawapres.

Namun sayang, Prabowo-Sandi akhirnya kalah dari Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Kini, enam bulan pasca pilpres, Sandi memutuskan kembali bergabung dengan Gerindra dan menempati posisi yang sama yakni Wakil Ketua Dewan Pembina.

2 dari 4 halaman

Sinyal Gerindra Masuk Koalisi Jokowi

Partai Gerindra memberikan sinyal untuk bergabung bersama pemerintahan Jokowi. Sebelumnya Gerindra merupakan partai oposisi di mana sang Ketua Umum Prabowo Subianto merupakan rival Jokowi pada Pilpres 2019.

Namun saat ini keduanya semakin mesra. Beberapa waktu lalu Jokowi mengundang Prabowo ke Istana. Dalam pertemuan empat mata itu keduanya berbicara peluang Gerindra bergabung dengan pemerintah.

"Berkaitan dengan masalah koalisi, tapi untuk urusan satu ini belum final, tapi kami tadi sudah berbicara banyak mengenai kemungkinan Partai Gerindra masuk ke koalisi kita." kata Jokowi usai pertemuan, Jumat (11/10).

Tak hanya itu, Prabowo juga secara maraton menemui ketua umum partai pendukung Jokowi. Safari Prabowo memperkuat bahwa Gerindra akan mengakhiri statusnya sebagai oposisi.

3 dari 4 halaman

Kursi Menteri Buat Gerindra

Kabar Gerindra mendapat jatah kursi menteri di Kabinet Jokowi sudah lama beredar. Menteri yang dikabarkan akan diisi Gerindra ialah Menteri Pertanian, Menteri Pertahanan dan Menteri yang terkait dengan urusan ekonomi.

Jokowi disebut-sebut sempat menawarkan Dewan Pertimbangan Presiden kepada Prabowo. Akan tetapi Prabowo dikabarkan lebih tertarik menjadi Menhan.

Tenaga Ahli Kantor Staf Kepresidenan, Ali Mochtar Ngabalin sudah memastikan jika Gerindra mendapat jatah menteri Jokowi.

"Insya Allah ada. Belum tahu berapa," kata Ngabalin saat dihubungi merdeka.com, Selasa (15/10).

Hal sama juga diungkap PKB. PKB mengeluarkan istilah makmum masbuq terkait restu Gerindra bergabung dengan koalisi pendukung Presiden Joko Widodo. Istilah bahasa Arab itu merujuk kepada jemaah salat yang datang telat.

"Kalau dianalogikan dengan makmum masbuq ya seperti itu. Yang datang belakangan ya dapat jatah belakangan," kata Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (15/10).

4 dari 4 halaman

Sandiaga Pernah Tolak Jadi Menteri

Sandiaga Uno resmi kembali bergabung dengan Gerindra, setelah sebelumnya mundur karena menjadi cawapres dari Prabowo. Momen ini bertepatan dengan kencangnya sinyal Gerindra bakal masuk koalisi Jokowi dan mendapat jatah menteri di kabinet.

Kabarnya, sejumlah pos menteri sudah disiapkan buat Gerindra oleh Jokowi. Gerindra pun mengaku siap memberikan kader-kader terbaiknya.

Usai pemilihan presiden 2019, nama Sandiaga Uno sempat digembar-gemborkan akan menjadi menteri kabinet Jokowi. Di sebuah acara TV swasta Jokowi yang ditanya peluang Sandiaga masuk dalam kabinetnya memberikan sinyal baik. "Ya kenapa tidak?" ujar Jokowi yang kemudian tertawa saat ditanya peluang Sandi masuk dalam kabinet.

Meski begitu, Sandi sempat menolak. "Sebagaimana lazimnya suatu pemilu, yang terpilih akan memimpin pemerintahan. Yang tidak terpilih akan berperan sebagai mitra penyeimbang untuk menjaga jalannya pemerintah ke depan," katanya melalui akun resmi Instagram @sandiuno, Minggu (30/6/2019). [dan]

Baca juga:
Hadiri Konfernas, Sandiaga Bersyukur Bisa Kembali ke Gerindra
Balik ke Gerindra, Sandiaga akan Kembali Menjabat Wakil Ketua Dewan Pembina
Umumkan Kembali ke Gerindra, Sandiaga Bergaya ala Superman
Deddy Corbuzier Pamer Mobil Baru, Sandiaga Uno Tertawa dan Tulis Jawaban Menohok
Kekayaan Rp5 T, Sandiaga Uno Pilih Mobil Sederhana Grand livina, Berapa Harganya?
Deddy Corbuzier Bangga Mobilnya Lebih Bagus dari Sandiaga Uno

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini