'Kalau Ahok independen dipastikan Golkar tidak mendukung'

Kamis, 17 Maret 2016 17:41 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
'Kalau Ahok independen dipastikan Golkar tidak mendukung' Kampanye Golkar. ©2014 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Calon petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memilih jalur independen dalam Pilgub DKI 2017. Sebelumnya beredar kabar bahwa partai Golkar kepincut terhadap Ahok dan memberikan tanda bakal mendukungnya. Tampaknya sinyal itu terputus baru-baru ini.

Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta Zainuddin menegaskan bila Ahok tetap berkeyakinan maju secara independen, maka pihaknya tidak akan mendukungnya. Meskipun dibeberapa hasil survei sejumlah partai elektabilitas Ahok cukup tinggi, tapi menurut Zainuddin itu bukanlah jaminan.

"Kalau Ahok independen dipastikan Golkar tidak mendukung. Orang sering berdebat tentang elektabilitas dan popularitas tapi itu tidak menjamin menang," kata Oding sapaannya di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Kamis (17/3).

Karena tidak akan mengusung Ahok, Oding mengungkapkan partainya akan mencari jalan lain untuk ikut serta dalam Pilgub DKI tahun depan. Sebagai partai dengan segudang pengalaman, ujarnya, kemungkinan Golkar akan berusaha untuk mengusung calon sendiri.

Untuk memuluskan rencana itu, Oding menyebut partainya telah membuka komunikasi politik dengan beberapa partai seperti PDIP, PKS, PPP dan partai Gerindra.

"Golkar sudah melakukan komunikasi politik dengan PDIP, Gerindra, PKS dan PPP. Keinginan partai kita satukan untuk mencalonkan orang yang tepat. Golkar sesuai dengan keberadaannya sesuai UU parpol, kita harus berani mencalonkan orang atas kesepakatan partai," jelasnya.

Terkait sosok pemimpin yang diidamkan memimpin Jakarta, Oding menambahkan akan selektif memilih calon. Lanjutnya, calon yang cerdas, santun dan berbudaya lah yang akan diusung untuk melawan Ahok.

"Partai merupakan pilar demokrasi. Kita mencari generasi kepemimpinan cerdas, tegas, santun, dan berbudaya," pungkasnya. [ren]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini