Jokowi Disindir Paloh, Istana Klaim Hubungan Koalisi Masih Kuat

Minggu, 10 November 2019 11:01 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Jokowi Disindir Paloh, Istana Klaim Hubungan Koalisi Masih Kuat Jokowi dan Surya Paloh. ©Liputan6.com/Lizsa Egeham

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyinggung Ketum NasDem Surya Paloh yang bertemu Presiden PKS Sohibul Iman. Pihak Istana tegaskan sindiran itu bukan bentuk teguran Jokowi ke Paloh karena berkomunikasi dengan partai non-pemerintah.

"Tidak ada, ini adalah humor persahabatan, karena kan koalisinya sangat kuat ya. Pak Jokowi dan Pak Surya Paloh kan cukup lama dan sangat kuat sampai hari ini," kata Jubir Kepresidenan Fadjroel Rahman di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (10/11).

Istana menyebut, bahwa Jokowi tidak ada maksud menegur Paloh. Fadjroel menegaskan, itu adalah humor antara sahabat termasuk sindiran rangkulan Paloh ke Sohibul.

"Itu humor persahabatan, sama kayak kita juga kadang-kadang bikin humor," tegasnya.

Fadjroel menambahkan, Jokowi akan hadir dalam Kongres NasDem pada besok Senin (11/11).

"Akan datang pukul 21.00 WIB acaranya kan. Jadi tidak ada kaitan kemarin dengan (hubungan Jokowi dan Paloh), Pak Jokowi sudah memastikan akan datang," pungkasnya.

1 dari 1 halaman

Sindiran Paloh

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mencurahkan isi hatinya setelah disindir usai pelukan dan silaturahmi dengan Presiden PKS Sohibul Iman. Paloh menilai, bentuk kecurigaan itu merupakan diskursus paling picik. Sebab, rangkulan dan silaturahmi dengan kawan sebangsa dimaknai dengan tafsir dan kecurigaan.

Menurut Paloh, cara pandang demikian paradoks. Sebab, nilai demokrasi yang berkembang begitu liberal tetapi praktiknya sangat konservatif.

Paloh juga menyindir partai yang paling merasa pancasilais tetapi penuh sinis dan curiga terhadap Nasdem. Paloh tak mengungkapkan siapa yang sebetulnya partai yang dia sindir. Dia berdalih, pihak yang dia sebut penuh curiga itu seperti angin.

"Yang mencurigai Nasdem ya kita enggak tahu, tapi pasti ada bagaikan angin yang terasa di tangan saya. Enggak bisa tangkap dia, enggak terlihat tapi ada perasaan saja," tukasnya. [ray]

Baca juga:
Sekjen PDIP Tak Merasa Disindir Surya Paloh Soal Partai Pancasilais
DPW NasDem Dorong Surya Paloh Jadi Capres di Pemilu 2024
Surya Paloh: Pikiran Besar Harus Ditawarkan, Bukan yang Introvert
Alasan Surya Paloh Keliling Rangkul Partai Oposisi
Istana Tanggapi Jokowi-Paloh Saling Sindir: Itu Humor Persahabatan
Sebut Tak Niat Sindir PDIP, Surya Paloh Bilang 'Salah Lagi Kita'

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini