Ini Faktor Pendukung Prabowo jadi Menteri Terbaik Versi Indobarometer Menurut PAN

Rabu, 19 Februari 2020 07:00 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Ini Faktor Pendukung Prabowo jadi Menteri Terbaik Versi Indobarometer Menurut PAN Presiden Menerima Menteri Pertahanan di Istana Yogyakarta. ©2020 Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto turut mengomentari hasil survei Indobarometer yang menunjukkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai anak buah Jokowi dengan kinerja paling bagus. Capaian itu, kata dia, menunjukkan bahwa keputusan Prabowo bergabung dengan koalisi pemerintah tak sia-sia.

"Nah oleh karena itu kita apresiasi kerja-kerja Pak Prabowo untuk terus berbuat yang terbaik. Dan dia menyadari itu bahwa dia memang pembantu Pak Presiden di bidang pertahanan," kata dia, di Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (18/2).

Menurut dia, ada sejumlah faktor yang menyebabkan Ketua Umum Gerindra itu dinilai berkinerja paling bagus oleh masyarakat. Status mantan Capres disandang Prabowo, kata dia, cukup berpengaruh.

"Dia (Prabowo) dikenal baik, dikenal secara hampir seluruh rakyat Indonesia. Kemudian kemunculan sewaktu jadi Menhan juga sangat bombastis, sangat sensasional,"

Selain itu, tentu saja gebrakan-gebrakan kebijakan mantan Danjen Kopassus itu di awal masa tugas turut memengaruhi penilaian positif masyarakat. Namun, dia berharap hasil survei tersebut tidak lantas membuat Prabowo berpuas diri.

"Bagaimana dia ingin memperkuat pertahanan kita, alutsista kita, kemudian koordinasi di antara angkatan. Kemudian komunikasi dengan negara-negara tetangga, itu sudah dilakukan semua. Dan itu tentu di bawah arahan Pak Presiden," tegas dia.

Dia menambahkan, sebenarnya semua menteri sudah selaiknya menunjukkan performa yang baik. Sebab, dari waktu-waktu Presiden Joko Widodo alias Jokowi akan terus memperhatikan dan menilai kerja setiap anak buahnya.

"Jadi ini bukan persoalan kemarin mereka berada di pendukung Pak Jokowi, kemarin mereka tidak mendukung Pak Jokowi sekarang mendukung Pak Jokowi, bukan itu," terang Yandri.

"Tetapi ketika mereka sudah dilantik dan disumpah jabatan sebagai Menteri dengan posisi tertentu, ya mereka harus melaksanakan job desk itu. Karena kalau tidak, tentu Pak Jokowi yang punya hak prerogatif untuk menilai kinerja mereka masing-masing," tandasnya. [ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini