Fahri sebut hak angket DPR bisa bongkar borok Freeport & Sudirman

Jumat, 11 Desember 2015 11:41 Reporter : Rizky Andwika
Fahri sebut hak angket DPR bisa bongkar borok Freeport & Sudirman Fahri Hamzah. ©dpr.go.id

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyatakan Hak Angket Freeport akan membongkar selak beluk permasalahan yang ada di PT Freeport Indonesia. Dia mengklaim lewat hak angket, nantinya akan terbongkar siapa tokoh yang sesungguhnya menjadi 'pemain' dalam ihwal perpanjangan kontrak.

Terlebih, dia mengaku kegaduhan atas pelaporan Menteri ESDM Sudirman Said terhadap Ketua DPR Setya Novanto hanyalah sebuah permainan untuk menutupi masalah lain. Apalagi, dia mengaku mendapatkan informasi bahwa rekaman percakapan antara Ketua DPR Setya Novanto, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin dan pengusaha minyak Riza Chalid bukan direkam melalui telepon genggam Maroef Sjamsoeddin.

"Kita Bangsa Indonesia sudah ditipu dan dokumen di Kejaksaan Agung buktinya enggak berani diberikan. Ini akan terungkap saat hak angket," kata Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (11/12).

Fahri mengaku hak angket sudah bergulir ke anggota DPR. Namun, dia tidak mengetahui sudah berapa anggota DPR yang telah menandatangani hak angket sebagai tanda persetujuan.

"Terus beredar. Saya enggak tahu ya (jumlahnya). Tinggal kita menunggu. Kami sebagai pimpinan hanya menunggu," ujarnya.

Politikus PKS ini juga mengaku hak angket merupakan usulan dari lintas fraksi. Meski demikian, dia tidak mau menjelaskan fraksi-fraksi mana yang menjadi pengusul.

"Ya lintas Fraksi," tukasnya.

Selain itu, Fahri berharap apabila hak angket telah dapat banyak persetujuan, maka DPR akan membacakan dalam rapat paripurna. Atau sebelum DPR kembali memasuki masa reses pada 18 Desember. [tyo]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini