Di Urutan 3 Survei Indikator, Golkar Bilang Baru Efek Partai Belum Caleg

Rabu, 5 Mei 2021 11:36 Reporter : Ahda Bayhaqi
Di Urutan 3 Survei Indikator, Golkar Bilang Baru Efek Partai Belum Caleg Ace Hasan Sadzili. ©2018 Liputan6.com

Merdeka.com - Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily bersyukur elektabilitas partai berlambang pohon beringin ini semakin baik. Dalam survei Indikator Politik Indonesia, Golkar mengalami tren kenaikan dari 7,6 persen menjadi 9,2 persen.

"Kami melihat tren partai kami semakin baik. Golkar tren naik kemarin dari 8 persen sekarang menjadi 9,2 persen," kata Ace dikutip Rabu (5/5).

Ace mengatakan, survei elektabilitas partai ini hanya memperlihatkan kekuatan Golkar sebagai partai saja. Sementara, kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI ini, kekuatan Golkar dalam pemilu ada di para calon legislatif.

"Ini baru partainya belum calegnya. Karena jujur kekuatan Golkar ada di calegnya," kata Ace.

Hasil survei elektabilitas ini menjadi kepercayaan bagi Golkar. Ace bilang, Golkar dan Ketua Umumnya Airlangga Hartarto terus bekerja demi kepentingan masyarakat, juga bagian untuk memperbaiki citra partai.

"Apa yang dilakukan pak Airlangga kerja luar biasa kerja untuk kepentingan Covid-19 juga bagian upaya memperbaiki citra yang dilakukan parpol," ucapnya.

Ia turut mengomentari elektabilitas Airlangga Hartarto sebagai capres. Menurut Ace, tren kenaikan elektabilitas Airlangga bukti kerjanya di pemerintahan diapresiasi.

"Apa yang dilakukan pemerintah ternyata cukup diapresiasi biarpun tidak sebesar capres lain. Artinya tren kenaikan Airlangga semaki tinggi," kata Ace.

Indikator Politik Indonesia menggelar survei dengan wawancara kontak telepon terhadap responden. Survei digelar pada 13-17 April 2012. Sebanyak 1200 responden dipilih secara acak dari kumpulan sampel acak tatap muka langsung yang pernah digelar Indikator pada rentang Maret 2018 hingga Maret 2020. Survei ini memiliki margin of error sebesar kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Pada survei April 2021, PDIP mengantongi elektabilitas sebesar 25,3 persen. Terjadi tren kenaikan, dari 20,9 persen pada Maret 2021. Naik nyaris 5 persen.

Posisi kedua ditempati Partai Gerindra dengan elektabilitas sebesar 13,1 persen. Gerindra mengalami penurunan dibanding sebelumnya sebesar 17 persen pada Maret 2021. Total penurunan hampir 4 persen.
Berikutnya, ada Partai Golkar yang bertengger di posisi ketiga dengan elektabilitas 9,2 persen. Partai Golkar mengalami kenaikan dari 7,6 persen pada Maret 2021.

Begitu juga dengan Partai Demokrat yang berada di urutan selanjutnya dengan elektabilitas 8 persen. Demokrat naik cukup besar dari 5 persen pada Maret 2021. [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini