Di Kuala Lumpur, Jokowi Unggul dengan Selisih 23.419 Suara dari Prabowo

Senin, 20 Mei 2019 17:05 Reporter : Merdeka
Di Kuala Lumpur, Jokowi Unggul dengan Selisih 23.419 Suara dari Prabowo Rapat Pleno Rekapitulasi Nasional. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur, Malaysia dalam sidang rekapitulasi suara nasional mengumumkan Paslon 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin unggul telak dibandingkan Paslon 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, Senin (20/5). Jokowi-Ma'ruf unggul 23.419 suara dibandingkan rivalnya Prabowo-Sandi.

"Data perolehan suara untuk pasangan calon presiden nomor urut 01 total 50.049 dan untuk pasangan calon presiden nomor urut 02 total 26.630," kata komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari saat membacakan data di Kantor KPU RI, Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Selatan.

Total surat suara yang digunakan di Kuala Lumpur berjumlah 125.749. Rinciannya, 76.679 surat suara sah, dan 49.070 surat suara tidak sah.

Sebelumnya, rekapitulasi suara di PPLN Kuala Lumpur berjalan alot. Hal ini dikarenakan terjadi penolakan hasil suara yang dibacakan KPPLN Kuala Lumpur, Malaysia Agung Cahaya Sumirat oleh saksi dari paslon 02, yaitu Aziz Subekti yang tidak menerima perhitungan suara.

"Kami saksi dari pasangan calon nomor 02 menganggap bahwa tidak ada perbaikan proses PSU yang terjadi di Kuala Lumpur, saya mengusulkan untuk tidak menerima perhitungan suara," kata Aziz kepada pihak PPLN, Bawaslu, serta KPU saat pemaparan rekapitulasi di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Minggu (19/5).

Aziz menyebut beberapa indikasi kecurangan termasuk alamat fiktif yang dikirimkan surat suara.

"Dari saksi-saksi kami terima laporannya yang pertama adalah maraknya alamat fiktif, dari pos yang dikirimi surat suara. Kedua, adanya kecenderungan pos 109, dimana 98 persen surat suara capresnya memilih 02 tapi tidak sinkron terhadap pemilih DPT-nya. Bagi kami sangat janggal juga, karena kaitannya dengan Pilpres. Adanya juga penolakan surat suara, di luar jadwal," papar Aziz.

Reporter: Yopi Makdori

Sumber: Liputan6.com [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini