Demokrat usung Amri Tambunan dan RE Nainggolan di Pilgub Sumut

Jumat, 16 November 2012 17:53 Reporter : Yan Muhardiansyah
Demokrat usung Amri Tambunan dan RE Nainggolan di Pilgub Sumut Amri Tambunan dan RE Nainggolan. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Partai Demokrat akhirnya mendaftarkan Amri Tambunan dan RE Nainggolan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Sumut 2013-2018. Pasangan ini menjadi bakal calon terakhir yang mendaftar ke KPU Sumut.

Saat ini Amri Tambunan masih menjabat Bupati Deliserdang, sedangkan RE Nainggolan adalah mantan Sekda Sumut. Partai Demokrat tidak membutuhkan koalisi untuk mendaftarkan pasangan yang diusungnya, karena mereka memiliki 27 kursi di DPRD Sumut. Sementara syarat minimal pencalonan hanya 15 kursi.

Amri Tambunan dan RE Nainggolan menjadi pasangan kelima atau terakhir yang mendaftarkan ke KPU Sumut. Pasangan Gatot Pudjonugroho dan T Erry Nurradi, Chairuman Harahap dan Fadli Nurzal, Effendi Simbolon dan Jumiran Abdi, dan Gus Irawan Pasaribu dan Soekirman telah lebih dulu mendaftar.

Meski pendaftaran akan ditutup pada pukul 24.00 WIB nanti, namun partai pengusung tidak lagi mencukupi untuk mencalonkan pasangan cagub dan cawagub lain. "Ini adalah pendaftar terakhir," ucap Ketua KPU Sumut Irham Buana Nasution saat menerima kedatangan pasangan Amri Tambunan dan RE Nainggolan di Kantor KPU, Jumat (16/11).

Lamanya pencalonan pasangan yang diusung Partai Demokrat ini sempat memunculkan berbagai kabar. Bahkan beredar info terjadi kocok ulang pasangan yang akan diusung. Dikabarkan muncul nama Letjen (Pur) Cornel Simbolon dan Kolonel (Pur) Milwan, Ketua DPD Partai Demokrat Sumut.

Namun, pendaftaran pasangan Amri Tambunan-RE Nainggolan juga menjawab pertanyaan mengenai siapa calon Partai Demokrat. "Aturan ketat di Partai Demokrat membuat waktu pencalonan kami lebih lama jika dibandingkan dengan calon lain, sehingga memunculkan berbagai kabar dan polemik," ucap Amri.

Ketua DPD Demokrat Sumut T Milwan sendiri mengatakan pencalonan ini terhambat karena mereka menunggu surat resmi dari DPP Partai Demokrat.

"Kemarin kami memang sudah dapat info Pak Amri Tambunan-RE Nainggolan. Namun, administrasi tertulis baru kami terima tadi pagi. Setelah kami terima, kami langsung berkoordinasi," kata Milwan.

Seusai mendaftar, Amri menyatakan secara garis besar visi mereka adalah memajukan dan menyejahterakan Sumut. "Visi misi yang pasti akan kami susun setelah kami terpilih menjadi Gubsu," ujar Amri.

[lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pilgub Sumut
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini