Cak Imin yakin PDIP dukung Gus Ipul, tinggal tunggu nama cawagubnya

Rabu, 13 September 2017 19:50 Reporter : Moch. Andriansyah
Muhaimin Iskandar buka lomba baca Kitab Kuning. ©2016 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Dari 10 partai politik (Parpol) di DPRD Jawa Timur, belum satupun partai yang sudah menurunkan rekomendasinya untuk Pilgub Jawa Timur. Kecuali Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), belum ada satupun partai yang sudah memutuskan akan mengusung siapa di hajatan lima tahunan ini.

Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar begitu percaya diri mengklaim bahwa Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), akan bersama partainya mengusung Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai calon gubernur Jawa Timur. Hanya tinggal menunggu calon wakil gubernur yang diusulkan PDIP.

"Kita dalam posisi menunggu analisis, diskusi, terutama PDIP untuk siapa yang akan ditetapkan menjadi calon wakil gubernur," kata Muhaimin usai mengikuti diskusi ilmiah di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Rabu (13/9).

Politikus akrab disapa Cak Imin ini juga begitu percaya diri kalau akhir September ini, PDIP yang belum sekalipun mengumumkan calonnya untuk Pilgub Jawa Timur, akan segera menurunkan rekomendasinya.

"Moga-moga akhir bulan ini (September) sudah ada keputusan dari partai-partai (soal nama Cawagub), khususnya PDIP yang mengusung Saifullah Yusuf dan siapa," klaimnya lagi atas PDIP.

Kembali Cak Imin melanjutkan, keyakinannya, "Hampir pasti. Tapi kita masih menunggu dan mengajak partai-partai lain untuk memutuskan calon wakil gubernur. Siapapun yang diputuskan PDIP dan partai-partai lain dalam koalisi, kita (PKB) terima," ucapnya hakul yakin.

Cak Imin juga menegaskan bahwa dirinya sudah berkomunikasi instensif dengan PAN, Golkar, dan Demokrat terkait nama Cawagub untuk Gus Ipul. Dan muncul nama Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini; Bupati banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, dan Budi 'Kanang' Sulistyono (Bupati Ngawi).

"Terserah saja (siapa Cawagub yang disepakati). Yang penting kita menunggu PDIP lah sebagai pengusung Saifullah dan wakilnya nanti. Alhamdulillah sudah klik (dengan PDIP). (wakil) Kita nunggu dari PDIP. Pokoknya kita harus menunggu PDIP dan partai koalisi. Insyaallah akhir September ini rampung," paparnya.

Dan setelah nama Cawagub sudah disepakati partai-partai koalisi, Cak Imin mengaku, pihaknya akan segera menurunkan rekomendasinya secara resmi kepada pasangan cagub dan cawagub yang akan bertarung di Pilgub Jawa Timur. "Secara resmi kalau sudah ada pasangannya akan kita keluarkan," tegasnya. [rnd]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.