Cak Imin Minta Mendag Zulhas Cari Solusi Cepat Atasi Kenaikan Harga Bahan Pokok

Senin, 4 Juli 2022 15:22 Reporter : Merdeka
Cak Imin Minta Mendag Zulhas Cari Solusi Cepat Atasi Kenaikan Harga Bahan Pokok Ketum PKB Muhaimin Iskandar. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mendesak pemerintah segera mencari solusi untuk menstabilkan harga pangan yang saat ini sedang melonjak naik jelang Iduladha.

"Saya kira pemerintah harus segera mencari formula dan solusi mengatasi kenaikan harga kebutuhan pokok, bagaimana menstabilkan harga-harga barang di pasar jelang Iduladha ini," kata Cak Imin, dalam keterangannya, Senin (4/7).

Cak Imin alias Gus Muhaimin juga meminta Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) segera mencari solusi cepat mengatasi kenaikan harga-harga bahan pokok. "Pak Menteri Perdagangan harus cepat mencari solusi, bagaimana tuntutan masyarakat yang meminta harga-harga barang dapat segera stabil itu juga realistis dan perlu segera diatasi," ujarnya.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga mengingatkan peternak dan pembeli hewan kurban untuk betul-betul mewaspadai merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK), terlebih penyakit ini ada yang tidak bergejala.

"Penyakit mulut dan kuku ini harus diantisipasi betul. Apalagi ada yang tanpa gejala ya. Jadi jangan sampai niat ibadah kurban kita malah nanti membawa mudarat pada orang lain," tegas Gus Muhaimin.

2 dari 2 halaman

Desak Pemerintah Perluas Vaksinasi PMK

Dia mendesak mempercepat dan memperluas jangkauan vaksinasi PMK, terutama di daerah-daerah yang terdeteksi penyakit tersebut. "Betul, vaksinasi PMK harus dipercepat dan diperluas untuk menekan penularan PMK. Ini juga akan menambah ketenangan di tengah masyarakat yang ingin berkurban dan akan mengonsumsi hewan kurban," pungkasnya.

Sebelumnya, Kementerian Pertanian telah menjamin pasokan hewan kurban untuk Iduladha 1443 H/2022 M telah tercukupi dengan perkiraan kebutuhan sebanyak 1.808.522 ekor. Kementan mencatat potensi ketersediaan hewan kurban 2022 sebanyak 2.278.158 ekor yang artinya masih terjadi surplus sebanyak 469.636 ekor.

Meski melebihi kebutuhan, tidak semua hewan tersebut dapat dikirim ke seluruh daerah yang membutuhkan akibat pembatasan lalu lintas ternak.

Reporter: Delvira Hutabarat/Liputan6.com [rnd]

Baca juga:
Prabowo akan Deklarasi Capres, PKB Matangkan Diduetkan dengan Cak Imin
Belum Pernah Berkoalisi, Apa yang Buat PKB Yakin Menang Bersama Gerindra?
Cerita Cak Imin Dapat Kabar Tjahjo Kumolo Meninggal saat Mengikuti Rangkaian Haji
PKB Terus Komunikasi dengan Partai Lain, Muhaimin Yakin Koalisi Terbangun Akhir Tahun
Belum Deklarasi, PKB Sebut Mesin Partai Sudah Kampanyekan Prabowo-Cak Imin

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini