Anies Pernah Bilang Tak Mau Maju Bila Prabowo Capres, Fadli Zon: Biar Rakyat Memilih

Rabu, 5 Oktober 2022 16:32 Reporter : Ahda Bayhaqi
Anies Pernah Bilang Tak Mau Maju Bila Prabowo Capres, Fadli Zon: Biar Rakyat Memilih Prabowo dan Anies Baswedan resmikan Roemah Djoeang. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pernah mengatakan tidak ingin maju sebagai calon presiden karena Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto maju sebagai capres pada 2019. Pernyataan itu pernah dilontarkan Anies ketika tahun 2018. Kini, Anies berpotensi berhadapan dengan Prabowo di Pilpres 2024 setelah dideklarasikan oleh NasDem.

Waketum Gerindra, Fadli Zon, mengaku tidak pernah tahu soal pernyataan Anies itu. Meskipun menurutnya, hak seseorang menentukan pilihannya untuk maju sebagai capres atau tidak.

"Saya enggak tahu itu videonya kapan ya? Tapi saya kira ya setiap orang pasti punya hak untuk menentukan pilihan-pilihannya. Dan kita serahkan lah pada masyarakat pada rakyat untuk menentukannya, karena itulah demokrasi," ujar Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/10).

2 dari 3 halaman

Fadli mendukung dinamika politik yang sehat. Biar masyarakat yang memilih siapa pemimpinnya di 2024.

"Secara politik kita ingin dinamika politik ini sehat, dinamika politik kita baik, nanti biar rakyat yang menentukan," katanya.

Fadli juga tidak ingin berandai-andai memaknai pernyataan Anies tersebut. Apakah pernyataan tersebut merefleksikan di masa lalu, atau di masa depan.

3 dari 3 halaman

"Ya cuma saya enggak tahu itu merefleksikan ke belakang atau ke depan," kata Ketua BKSAP DPR ini

Fadli mengaku menghormati pilihan politik Anies dan NasDem sebagai partai yang mendeklarasikan. Menurutnya, NasDem punya hitung-hitungan sendiri kenapa mencalonkan Anies.

"Kalau menurut saya tentu setiap parpol memiliki preferensi, memiliki hitung-hitungan dan saya kira kita hargai deklarasi dan pencapresan dari setiap partai termasuk yang baru-baru ini dilakukan partai Nasdem dengan mencalonkan pak Anies," ujarnya. [lia]

Baca juga:
NasDem Deklarasi Anies, Airlangga: Golkar Fokus KIB
PKS Sebut Anies Cocok Didampingi Khofifah atau Ganjar di Pilpres 2024
PKB Nilai NasDem Deklarasi Capres untuk Incar Suara Pendukung Anies
Sandiaga Jawab Kemungkinan Jadi Cawapres Anies Baswedan
NasDem Ungkap 3 Nama Cawapres untuk Anies Baswedan
PPP Buka Peluang Keluar dari KIB

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini